Find Us On Social Media :

Indeks Kualitas Udara yang Berbahaya Bagi Kesehatan Seperti Apa?

Ada beberapa tingkatan indeks kualitas udara yang berbahaya bagi kesehatan.

GridHEALTH.id - Indeks Kualitas Udara (IKU) adalah alat yang digunakan untuk mengukur tingkat polusi udara dalam suatu area.

IKU memberikan informasi mengenai kualitas udara dan tingkat polutan yang dapat berdampak negatif pada kesehatan manusia.

Mengetahui jenis dan tingkat bahaya IKU penting untuk melindungi diri dan menjaga kesehatan saat terpapar udara yang tidak sehat.

Di bawah ini akan dijelaskan seperti apa indeks kualitas udara yang berbahaya bagi kesehatan serta memberikan pemahaman yang lebih baik mengenai tingkat bahaya dan tindakan pencegahan yang dapat dilakukan.

Indeks Kualitas Udara

Indeks Kualitas Udara merupakan sistem penilaian yang digunakan untuk mengkategorikan kualitas udara menjadi beberapa tingkat berdasarkan tingkat polusi udara.

Sistem ini didasarkan pada pengukuran berbagai parameter seperti partikulat, gas, ozon, dan polutan udara lainnya.

Indeks ini memberikan informasi tentang tingkat kebersihan udara dan memberikan peringatan dini tentang bahaya kesehatan yang dapat diakibatkan oleh polusi udara.

Tingkat Bahaya IKU

Indeks Kualitas Udara umumnya memiliki beberapa tingkat bahaya yang menggambarkan tingkat polusi udara yang berdampak pada kesehatan manusia.

Beberapa tingkatan yang umum digunakan antara lain:

1. Baik: Udara bersih dan aman untuk pernafasan.

2. Sedang: Udara memiliki tingkat polusi sedang, mungkin menimbulkan efek negatif pada orang yang sensitif terhadap polusi udara.

Baca Juga: Tips dan Panduan Cara Menjaga Kesehatan saat Kualitas Udara Buruk