Find Us On Social Media :

Kenali 10 Kebiasaan Buruk yang Perlu Dihindari Penderita Asam Lambung

Memperbaiki kebiasaan buruk dapat mencegah asam lambung kambuh.

GridHEALTH.id - Pengidap asam lambung perlu menghindari beberapa kebiasaan buruk untuk yang dapat membuat kondisinya bisa jadi lebih serius.

Asam lambung adalah gangguan kesehatan yang menyebabkan isi perut naik kembali ke kerongkongan.

Menurut Mayo Clinic, asam lambung yang kambuh terlalu sering dapat berujung pada kondisi GERD (gastroesophageal reflux disease).

GERD dapat merusak lapisan esofagus yang bisa berujung pada prakanker yang disebut Barrett's esophagus.

Kebiasaan Buruk yang Harus Dihindari

Oleh karena itu, untuk mencegah penyakit ini kambuh dan sekaligus menghindari risiko komplikasi tersebut, kebiasaan buruk berikut sebaiknya dihindari.

1. Makan berlebihan

Dilansir dari Verywell Health, makan dalam porsi besar membuat perut membesar. Ini meningkatkan tekanan terhadap sfingter esofagus bagian bawah (LES).

LES merupakan katup yang terletak di antara kerongkongan dan perut. Meningkatnya tekanan di bagian tersebut, menyebabkan sensasi mulas.

Daripada makan tiga kali sehari dalam porsi yang besar, lebih baik makan enam porsi kecil atau tiga porsi kecil yang dibarengi camilan.

Dengan cara seperti ini, perut tidak akan terlalu penuh. Ini juga akan membantu mencegah produksi asam lambung yang berlebihan.

2. Makan terlalu cepat

Saat makan terlalu cepat, saluran pencernaan tidak berfungsi dengan baik. Pencernaan yang buruk meningkatkan risiko heartburn.

Untuk mengubah cara makan ini, bisa meletakkan garpu atau sendok saat mengunyah, kunyah makanan dengan benar sebanyak 20 kali sebelum ditelan, dan hanya gigit bagian kecil.

Baca Juga: Ini Penyebab Sakit Kepala saat Asam Lambung Naik dan Cara Mengatasinya