Find Us On Social Media :

Balita di NTB Dirawat Usai Digigit Kucing yang Diduga Terpapar Rabies

Kucing rabies menularkan penyakitnya melalui air liur yang keluar saat menggigit.

GridHEALTH.id - Kasus rabies selama ini dihubungkan dengan gigitan anjing, tapi kucing pun juga dapat menularkannya.

Baru-baru ini, seorang balita berusia 2 tahun 8 bulan asal Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB) dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan medis.

Balita berinisial M tersebut diketahui terkena gigitan kucing yang diduga terpapar rabies pada Rabu (14/6/2023).

Kepala Bidang Penyehatan dan Pengendalian Penyakit Lingkungan (P2PL) Dinkes Kabupaten Dompu Maria Ulfa mengatakan, kucing tersebut menggigit kaki korban.

Tidak diketahui dengan jelas kronologi dari kejadian ini dan Dinkes hanya menerima laporan yang dibuat oleh pihak Puskemas.

Gigitan Kucing Berisiko Rabies

Lebih lanjut Maria Ulfa menjelaskan, dengan adanya kasus terbaru ini, maka korban serangan Hewan Pembawa Rabies (HPR) telah bertambah menjadi 157 selama Januari-Juni 2023.

"Hampir di semua kecamatan ada kasus gigitan HPR. Kucing ini juga termasuk pembawa rabies," jelasnya dikutip Kompas (15/6/2023).

Sementara itu, luka korban telah dicuci dan diberikan vaksin anti-rabies (VAR). Sesuai dengan prosedur penanganan kasus gigitan HPR.

"Pemberian VAR ini untuk mengantisipasi agar anak ini tidak sampai terpapar rabies. Karena selain dari gigitan anjing, hewan seperti kucing, monyet, dan kuda juga berisiko menyebabkan virus rabies," terang Syarif Efendi Kepala Puskemas Dompu.

Balita tersebut saat ini sudah diperbolehkan pulang dan tujuh hari kemudian akan dilakukan pemeriksaan serta penyuntikan VAR lanjutan.

Rabies Pada Kucing

Rabies adalah virus yang memengaruhi sistem saraf pusat mamalia, termasuk kucing.

Baca Juga: Perlu Waspada, Kenali Gejala dan Penyembuhan pada Virus Rabies