Find Us On Social Media :

Gejalanya Beda Tipis, Begini Perbedaan Tanda Asam Lambung dan Penyakit Jantung

Nyeri dada akibat asam lambung menimbulkan sensasi panas.

GridHEALTH.id - Gejala asam lambung memang mempunyai kemiripan dengan masalah kesehatan lainnya, salah satunya adalah penyakit jantung.

Padahal seperti yang diketahui, kedua penyakit tersebut berbeda dan bagian tubuh yang terdampak pun tidak sama.

Akan tetapi, salah satu gejalanya yakni nyeri dada, dapat sangat membingungkan penderitanya. Pasalnya, kedua penyakit itu sama-sama menyebabkan keluhan tersebut.

Nyeri Dada Akibat Penyakit Jantung atau Asam Lambung?

Asam lambung atau GERD, terjadi karena otot sfingter bagian bawah dalam kondisi lemas, sehingga isi perut naik kembali ke kerongkongan.

Sedangkan penyakit jantung, disebabkan oleh pembuluh darah arteri koroner yang tersumbat, membuat suplai darah serta oksigen ke jantung berkurang.

Walaupun ada kemiripan di antara gejala tersebut, tapi sebenarnya ada perbedaan nyeri dada yang disebabkan oleh penyakit jantung ataupun asam lambung.

Mengutip laman Mass General Brigham, perbedaan asam lambung dan penyakit jantung dari keluhan nyeri dada, bisa dilihat dari sifatnya.

Nyeri yang menjadi tanda awal serangan jantung, biasanya terasa seperti tertekan atau diremas, bukan rasa sakit.

Perasaan tersebut kemudian menyebar ke bagian tubuh yang lainnya seperti bahu kiri, lengan, dan leher.

Sedangkan nyeri dada atau heartburn yang merupakan gejala asam lambung, cenderung terasa seperti sensasi terbakar dan menjalar ke tenggorokan.

Gejala Penyerta yang Jadi Pembeda

Selain dilihat dari sifat rasa nyeri, perbedaan asam lambung dan penyakit jantung juga dapat diperhatikan dari gejala lain yang menyertainya.

Baca Juga: Ramuan Obat Alami Asam Lambung dari Daun Kemangi Cuma Butuh 2 Bahan, Begini Cara Meraciknya