Find Us On Social Media :

Berbagai Keajaiban Kunyit, Mulai dari Jaga Kesehatan Tubuh hingga Kecantikan Kulit

Kunyit memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh, termasuk kulit.

GridHealth.id - Kunyit (Curcuma longa) merupakan tanaman yang banyak ditemukan di wilayah Asia. Menjadi bahan penting dalam dunia kuliner dan pengobatan tradisional selama berabad-abad. Akar kunyit kering digunakan sebagai bumbu dalam masakan, memberikan warna kuning yang khas, dan memberikan cita rasa unik.

Tak hanya bermanfaat sebagai bumbu dapur untuk pelezat makanan, kunyit juga ternyata punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Rempah ini mengandung senyawa aktif bernama kurkumin yang tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh, tetapi juga dapat menjaga kecantikan kulit. Selain itu, kunyit juga punya berbagai manfaat bagi tubuh. Berikut daftarnya.

  1. Zat antiinflamasi alami

Salah satu manfaat utama kunyit adalah memiliki sifat antiinflamasi. Senyawa kurkumin yang terdapat pada kunyit terbukti dapat mengurangi peradangan pada tubuh. Ini membantu mengurangi rasa sakit dan kekakuan pada penderita radang sendi dan kondisi peradangan lainnya.

Baca Juga: Menghilangkan Nyeri Asam Urat dengan Kunyit, Begini Cara Pakainya

  1. Meningkatkan sistem daya tahan tubuh

Kunyit memiliki efek stimulasi pada sistem kekebalan tubuh, sehingga dapat membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit. Kunyit juga dapat meningkatkan produksi sel darah putih yang penting untuk melawan mikroorganisme penyebab infeksi pada tubuh atau patogen.

  1. Menjaga kesehatan jantung

Penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi kunyit secara teratur dapat meningkatkan kesehatan jantung. Kurkumin dapat mengurangi risiko penyakit jantung dengan meningkatkan fungsi pembuluh darah, mengurangi peradangan, dan menurunkan kadar kolesterol. 

  1. Membantu pencernaan

Kunyit memiliki efek positif pada sistem pencernaan. Senyawa kurkumin merangsang produksi empedu dan mempermudah pencernaan lemak di usus. Selain itu, kunyit dapat membantu meredakan  gangguan pencernaan, seperti gas dan kembung.

  1. Memperkuat sendi

Kunyit dapat membantu orang yang menderita masalah persendian seperti radang sendi. Sifat anti-inflamasi kunyit mengurangi peradangan dan nyeri sendi, sehingga meningkatkan mobilitas dan kualitas hidup.

Baca Juga: Kunyit dan Akar Licore, Herbal yang Aman untuk Mengobati Hepatitis

  1. Memelihara fungsi hati

Kunyit juga dapat membantu memelihara fungsi hati. Senyawa kurkumin pada kunyit dapat membantu membersihkan dan meningkatkan fungsi hati, serta melindungi hati dari kerusakan.

Manfaat kunyit untuk kecantikan