Find Us On Social Media :

5 Rekomendasi Tablet Tambah Darah, Upaya Membantu Cegah Stunting

Suplemen TTD diminum agar tubuh tidak kekurangan zat besi.

GridHEALTH.id - Rutin mengonsumsi tablet tambah darah (TTD), dapat membantu mencegah stunting.

Stunting adalah kondisi gagal tumbuh yang terjadi pada anak akibat asupan gizi yang kurang dalam waktu lama.

Pemberian TTD kepada remaja putri, wanita usia subur, dan ibu hamil dimaksudkan untuk mencegah terjadinya hal tersebut.

Melansir situs resmi Pemerintah Kota Surakarta, tablet tambah darah merupakan suplemen gizi yang di dalamnya terdapat kandungan zat besi, setara dengan 60 mg besi elemental dan 400 mcg asam folat.

Zat besi adalah mineral yang penting untuk mendukung pembentukan hemoglobin atau sel darah merah, yang mempunyai fungsi vital dalam tubuh.

Mengapa mulai dari remaja putri hingga wanita usia subur menjadi sasaran pemberian TTD? Karena, setiap bulannya mereka mengalami menstruasi.

Ketika volume darah berkurang, maka wanita rentan mengalami anemia. Bila sejak remaja sudah anemia, maka saat hamil juga berisiko mengalami kondisi yang sama.

Padahal, peningkatan volume darah dibutuhkan selama kehamilan untuk membentuk dan memperkuat plasenta, mencegah anemia pada bayi, hingga mengurangi risiko pendarahan pada bayi.

Mengutip Dinas Kesehatan (Dinkes) Yogyakarta, saat hamil ibu membutuhkan sekitar 800-1.040 mg zat besi.

Dari pola makan tiga kali sehari dengan kalori sebesar 1.000-2.500 kkal, zat besi yang didapatkan hanya sekitar 10-15 mg saja.

Oleh karena itu, dibutuhkan konsumsi tablet tambah darah untuk melengkapi peningkatan kebutuhan zat besi selama kehamilan.

Baca Juga: Untuk Mencegah Stunting, Inilah Jarak Melahirkan yang Optimal