Find Us On Social Media :

Tips Memilih Klinik Gigi yang Tepat untuk Pemeriksaan Mulut Anak

Ragam fasilitas yang harus dimiliki klinik gigi anak

Grid.ID – Membawa anak ke dokter gigi secara teratur penting dilakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut mereka.

Meski begitu, orangtua tetap harus cermat dalam memilih klinik gigi anak agar mereka mendapat perawatan dan pengalaman yang positif saat pergi ke dokter gigi. Dengan begitu, anak tidak akan merasa takut atau cemas setiap kali diajak untuk memeriksakan kesehatan gigi dan mulut di klinik.

Lalu, bagaimana cara menentukan klinik gigi anak yang tepat? Berikut lima indikator yang bisa Anda gunakan.

1. Kompetensi dokter

Sebelum mengunjungi klinik, Anda bisa melakukan riset sederhana tentang keahlian dan pengalaman dokter gigi anak di yang dituju.

Pastikan dokter gigi tersebut tidak hanya sudah menempuh pendidikan yang sesuai, tetapi juga berpengalaman merawat anak-anak. 

Sebagai referensi, Anda bisa melihat ulasan para konsumen sebelumnya di media sosial atau aplikasi Google Maps.

Baca Juga: Pentingnya Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut, Begini Cara Zaskia Sungkar dan Irwansyah Ajak Ukkasya Sikat Gigi

Selain kompetensi dokter, klinik gigi anak juga harus memiliki fasilitas dan lingkungan ramah anak agar anak tidak cemas atau takut selama menunggu di klinik.

Umumnya, klinik dengan lingkungan ramah anak dapat dilihat melalui dekorasi dan fasilitas yang diberikan. Salah satunya, ruang tunggu dengan dekorasi berwarna cerah atau tersedianya sejumlah mainan anak.

 3. Pendekatan yang ramah

Klinik gigi anak yang tepat harus memiliki pendekatan yang peduli dan penuh perhatian kepada anak-anak. Misalnya, dokter gigi anak harus mampu mendengarkan keluhan anak dan menjawab pertanyaan dengan sabar.

Mereka juga harus memberikan penjelasan yang mudah dipahami tentang prosedur yang akan dilakukan, serta memastikan anak merasa aman dan terlibat dalam perawatan giginya.