Find Us On Social Media :

Bau Badan Bisa Jadi Tanda Penyakit, Inilah Beberapa Penyakit yang Membuat Bau Badan

Beberapa penyakit yang menyebabkan bau badan

GridHEALTH.id - Bau badan yang tidak sedap adalah masalah umum yang bisa disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk makanan, kebersihan pribadi, atau penyakit tertentu.

Dalam beberapa kasus, bau badan yang berlebihan bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan yang perlu diidentifikasi dan diatasi. Artikel ini akan membahas beberapa kondisi penyakit yang dapat menyebabkan bau badan yang tidak wajar:

1. Ketidakseimbangan Hormon:

Beberapa gangguan hormonal, seperti hipertiroidisme atau menopause, dapat menyebabkan perubahan pada keringat dan kelenjar minyak kulit, yang pada gilirannya dapat mempengaruhi bau badan.

2. Diabetes:

Penderita diabetes yang tidak terkontrol dapat mengalami bau badan yang manis atau seperti buah. Hal ini terjadi karena tubuh mencoba mengeluarkan kelebihan glukosa melalui urin dan keringat.

3. Gangguan Ginjal:

Penderita gangguan ginjal dapat mengalami bau badan yang kuat dan tidak sedap karena tubuh mereka kesulitan mengeluarkan zat-zat sisa melalui urine.

4. Penyakit Hati:

Kondisi seperti sirosis hati dapat menyebabkan perubahan pada bau tubuh, karena hati yang rusak mungkin tidak dapat menyaring racun dengan efektif.

5. Ketidakseimbangan Metabolisme:

Baca Juga: Jangan Keliru, Perbedaan Bau Badan karena Keringat dan Tanda Penyakit