Find Us On Social Media :

Kenali Penyebab dan Gejala Gigi Berlubang Serta Cara Mengatasinya

penyebab gigi berlubang

GridHEALTH.id - Gigi berlubang atau karies gigi adalah masalah kesehatan mulut yang umum, tetapi seringkali dapat dihindari dengan perawatan gigi yang baik.

Artikel ini akan membahas gejala gigi berlubang yang perlu dienali, dampaknya pada kesehatan mulut, dan langkah-langkah penanganan yang dapat diambil untuk mencegah komplikasi lebih lanjut.

Gejala Gigi Berlubang yang Perlu Diwaspadai:

1. Nyeri atau Sensitivitas:

Salah satu gejala paling umum gigi berlubang adalah nyeri atau sensitivitas pada gigi. Sensitivitas dapat terjadi saat makan atau minum sesuatu yang dingin, panas, atau manis.

2. Nyeri Saat Mengunyah:

Gigi berlubang dapat menyebabkan nyeri atau rasa tidak nyaman saat mengunyah makanan tertentu. Jika Anda merasakan nyeri saat mengunyah pada area tertentu, bisa jadi tanda gigi berlubang.

3. Pembentukan Lubang atau Cacat pada Gigi:

Gigi berlubang dapat menyebabkan pembentukan lubang kecil atau cacat pada permukaan gigi. Cacat ini dapat menjadi titik masuk bagi bakteri dan menyebabkan lebih banyak kerusakan.

4. Bau Napas yang Tidak Sedap:

Karies gigi yang sudah cukup parah dapat menyebabkan bau napas yang tidak sedap. Bakteri yang berkembang dalam lubang gigi dapat menghasilkan gas yang menyebabkan bau tidak sedap.

5. Peradangan Gusi:

Baca Juga: Bahaya Membiarkan Gigi Berlubang, Tingkatkan Risiko Penyakit Jantung