Find Us On Social Media :

4 Penyebab Diabetes Usai Lebaran Usai, Ketahui Agar Bisa Dicegah

Konsumsi kue Lebaran berlebihan dapat menyebabkan dianbetes.

GridHEALTH.id - Setelah merayakan Idulfitri, banyak dari kita merasa bahagia dan penuh kenangan indah bersama keluarga serta kerabat terdekat.

Namum, perayaan tersebut seringkali diikuti dengan pola makan yang tidak sehat.

Sehingga, ketika Lebaran usai, risiko gangguan kesehatan seperti diabetes meningkat.

Apa Penyebab Diabetes Pasca Lebaran?

Jelajahi lebih lanjut, apa saja faktor-faktor yang meningkatkan risiko terjadinya masalah kesehatan ini setelah merayakan hari raya.

1. Konsumsi makanan tinggi gula dan lemak

Salah satu penyebab utama diabetes adalah konsumsi makanan tinggi gula dan lemak, selama bulan Ramadan dan saat Idulfitri.

Kue-kue manis, makanan berlemak tinggi seperti rendang dan opor ayam, serta minuman manis sering menjadi menu utama saat kumpul keluarga.

Konsumsi berlebihan dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah dan peningkatan risiko resistensi insulin.

2. Kurang aktivitas fisik

Selama bulan Ramadan, aktivitas fisik seringkali berkurang karena kurangnya asupan energi dan rasa lelah akibat berpuasa sepanjang hari.

Namun setelah lebaran, kebiasaan ini umumnya berlanjut, terutama karena banyak orang yang cenderung bersantai setelah perayaan.

Kurangnya aktivitas fisik dapat menyebabkan penumpukan lemak tubuh dan menurunkan sensitivitas insulin, yang merupakan faktor risiko utama diabetes.

3. Kenaikan berat badan

Penyebab diabetes selanjutnya setelah Hari Raya adalah bertambahnya berat badan, akibat kurang aktivitas fisik dan konsumsi makanan berlemak.

Baca Juga: Pantangan Makanan Gula Darah Tinggi, Hindari Jenis Makanan Ini Kalau Tak Mau Kambuh