Find Us On Social Media :

Meski Praktis, 5 Bahaya Makan Makanan Kalengan Ini Bisa Mengintau Kesehatan

bahaya makan makanan kalengan

GridHEALTH.id - Makanan kalengan adalah pilihan yang nyaman dan praktis untuk dikonsumsi, tetapi seringkali kita lupa untuk memperhatikan dampaknya bagi kesehatan pencernaan kita.

Terlepas dari kenyamanan dan masa kadaluarsanya yang panjang, ada beberapa bahaya yang perlu diperhatikan saat mengonsumsi makanan kalengan, terutama bagi kesehatan pencernaan.

Berikut adalah beberapa bahaya makan makanan kalengan bagi pencernaan:

1. Kandungan BPA

BPA atau bisphenol A adalah bahan kimia yang sering digunakan dalam lapisan pelapis kaleng untuk mencegah korosi dan mempertahankan kualitas makanan di dalamnya.

Namun, BPA telah dikaitkan dengan sejumlah masalah kesehatan, termasuk gangguan hormon, masalah reproduksi, dan masalah pencernaan.

Paparan yang berlebihan terhadap BPA dapat mengganggu sistem pencernaan Anda dan menyebabkan masalah seperti iritasi lambung atau gangguan pencernaan lainnya.

2. Risiko Keracunan Makanan

Meskipun makanan dalam kaleng telah diawetkan untuk memperpanjang umur simpannya, ada risiko keracunan makanan jika makanan tersebut terkontaminasi atau tidak disimpan dengan benar.

Bakteri seperti Clostridium botulinum, yang dapat menyebabkan keracunan makanan serius, dapat berkembang biak dalam makanan kalengan jika tidak disimpan dengan benar atau jika kalengnya rusak.

3. Kandungan Garam yang Tinggi

Baca Juga: Selama ini Tak Banyak yang Tahu, Ternyata Kandungan Gizi Pada Sarden Bisa Cegah Stunting