Find Us On Social Media :

Sambut Tahun Ajaran Baru, Ini Tips agar Anak Semangat Kembali Sekolah dengan Perubahan Kecil yang Menyenangkan

Tips orang tua dalam mengembalikan semangat anak bersekolah.

GridHEALTH.id - Masa kembali ke sekolah bisa menjadi momen yang penuh tantangan bagi anak-anak dan orang tua.

Rasa cemas dan khawatir sering kali muncul, terutama setelah libur panjang atau transisi ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Kembali ke sekolah tidak harus menjadi momen yang menakutkan bagi anak-anak. Dengan persiapan yang matang, komunikasi yang baik, dan dukungan yang penuh, anak bisa menghadapi tahun ajaran baru dengan percaya diri dan semangat.

Sebagai orang tua, peran Anda sangat penting dalam membantu anak mengatasi rasa cemas dan khawatir, serta memastikan mereka mendapatkan pengalaman sekolah yang positif dan menyenangkan.

Momen menyambut tahun ajaran baru seringkali menjadi tantangan tersendiri bagi para orang tua, terutama untuk memulai kembali rutinitas anak, dan mengembalikan semangat sekolah mereka setelah melewati libur panjang.  

Peran orang tua dalam mendukung anak menjelang hari pertama ajaran baru menjadi sangat penting, karena hal tersebut dapat mempengaruhi kepercayaan diri yang akan menjadi pondasi dalam proses pembelajaran mereka di masa yang akan datang.

IKEA Indonesia berkomitmen untuk mendampingi para orang tua dan anak dalam melakukan segala persiapan hari pertama sekolah secara maksimal melalui program Back to School.

Ririn Basuki selaku Communication & Public Relations Manager IKEA Indonesia mengatakan program Back to School yang diadakan oleh IKEA Indonesia bertujuan untuk memberikan tips dan inspirasi kepada para orang tua dalam mengembalikan semangat anak bersekolah melalui perubahan kecil yang dapat diterapkan di rumah. 

“Sebagai orang tua, kita dituntut untuk bisa memahami apa yang dibutuhkan anak untuk kembali ke sekolah. Visi utama IKEA untuk menciptakan kehidupan sehari-hari yang lebih baik bagi banyak orang, termasuk orang tua dan anak-anak. Oleh karena itu, IKEA sebagai solusi belanja serba ada untuk mempersiapkan semua kebutuhan perlengkapan kembali ke sekolah, menyediakan berbagai macam produk untuk menunjang aktivitas anak, seperti perabot ruang belajar, alat tulis sampai dengan perlengkapan pendukung lainnya yang dapat menumbuhkan semangat belajar anak di tahun ajaran baru ini,” papar Ririn.

Persiapkan Hari Pertama Sekolah Anak Tanpa Khawatir

Tahun ajaran baru berarti teman, guru, dan ruang kelas baru. Berapapun usia mereka, banyak anak yang khawatir untuk mulai bersekolah atau kembali ke sekolah. Wajar jika anak-anak (dan orang tua mereka) merasa cemas untuk kembali ke sekolah. Kabar baiknya adalah ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk membantu bersiap menghadapi tahun ajaran baru.

Baca Juga: Dijamin Bikin Anak Sehat, Inilah Rekomendasi Ide PMT Anti-Stunting di Posyandu