Find Us On Social Media :

Titik Pijat untuk Meredakan Batuk pada Usia 40 Tahun ke Atas

Titik pijat untuk menyembuhkan batuk

GridHealth.id - Batuk merupakan respons alami tubuh untuk membersihkan saluran napas dari iritasi, lendir, atau partikel asing.

Meski sering kali tidak serius, batuk yang berkepanjangan bisa sangat mengganggu, terutama bagi mereka yang berusia 40 tahun ke atas.

Selain mengonsumsi obat, teknik pijat pada titik-titik tertentu di tubuh dapat membantu meredakan batuk.

Artikel ini akan membahas titik-titik pijat yang efektif untuk meredakan batuk pada orang dewasa, khususnya yang berusia 40 tahun ke atas.

Titik Pijat Mengobati Batuk

1. Titik Pijat Zhongfu (LU-1)

Lokasi: Titik Zhongfu terletak di bawah tulang selangka, di sisi luar dada, sekitar 6 cm di bawah bagian tengah klavikula (tulang selangka).

Manfaat: Pijat pada titik ini membantu meredakan batuk, sesak napas, dan mengurangi rasa penuh di dada yang sering menyertai batuk berkepanjangan.

Cara: Tekan titik Zhongfu dengan jari telunjuk dan tengah secara bersamaan, lakukan pijatan dengan gerakan melingkar selama 2-3 menit. Ulangi pada kedua sisi dada.

2. Titik Pijat Tiantu (CV-22)

Lokasi: Titik Tiantu terletak di cekungan tenggorokan, di tengah-tengah antara tulang selangka, tepat di atas tulang dada (sternum).

Manfaat: Pijat pada titik ini dapat meredakan batuk kering, suara serak, dan rasa gatal di tenggorokan.

Cara: Gunakan jari telunjuk untuk memberikan tekanan lembut dan pijatan melingkar pada titik ini selama 1-2 menit. Lakukan pijatan dengan hati-hati, karena area ini cukup sensitif.

3. Titik Pijat Chize (LU-5)

Lokasi: Titik Chize berada di lipatan siku bagian dalam, tepat di tepi luar tulang lengan (humerus).

Baca Juga: Titik Pijat untuk Meredakan Asam Lambung Naik yang Aman dan Ampuh