Find Us On Social Media :

Pentingnya Deteksi Dini dan Perawatan yang Menyeluruh, Kunci Kesembuhan Kanker Payudara

Deteksi dini kanker payudara dapat memperbesar peluang kesembuhan

GridHEALTH.id – Saat ini, masih banyak beredar misinformasi tentang informasi kesehatan.

Menurut survei oleh Masyarakat Telekomunikasi pada tahun 2017, terdapat sekitar 41,2% berita palsu berkaitan dengan informasi kesehatan, salah satunya mengenai kanker payudara.

Hal ini tentu tidak boleh dibiarkan karena bisa semakin memicu stigma berbahaya yang menghambat deteksi dan perawatan dini. 

Ya, misinformasi yang mendorong stigma seputar kanker payudara tersebut berkontribusi pada meningkatnya beban layanan kesehatan di Indonesia, sehingga dianggap sebagai risiko global.

 “Hingga hari ini, masih banyak perempuan menunda untuk menjalankan deteksi dan perawatan dini karena ketakutan akan prosedur medis, merasa kehilangan kontrol, atau stigma yang terkait dengan kanker payudara,” jelas Dr. Khoo Kei Siong, Wakil Direktur Medis dan Konsultan Senior, Onkologi Medis di Parkway Cancer Centre (PCC).

Stigma seputar kanker payudara sering kali didasari oleh kesalahpahaman bahwa pasien tidak akan hidup lama, dianggap tidak mujur, dan dipandang sebagai tidak sempurna, sehingga berdampak negatif pada harga diri dan citra tubuh mereka.

Kesalahpahaman lainnya adalah anggapan bahwa mastektomi (pengangkatan seluruh payudara) merupakan satu-satunya pilihan medis, yang memperkuat rasa takut para pasien.

Padahal, diagnosis dini membuka lebih banyak opsi perawatan, seperti lumpektomi (pengangkatan sebagian jaringan).

Mengatasi tantangan seputar kanker payudara di Indonesia tidak cukup dengan memberantas stigma, tetapi juga memerlukan pendekatan yang komprehensif.

Menurut data Kementerian Kesehatan, sekitar 43% kematian terkait kanker payudara di Indonesia dapat dicegah melalui deteksi dini, didukung oleh dorongan dari lingkungan terdekat pasien.

Baca Juga: Penyebab Kanker Payudara Bisa Semakin Mengganas dan Menyebar?