Find Us On Social Media :

Agar Tidak Keliru, Kenali Ciri Sakit Pinggang Karena Gangguan Ginjal

Sakit pinggang sering disalahartikan sebagai gangguan ginjal.

GridHEALTH.id- Kalau seseorang terserang sakit pinggang, dirinya langsung merasa khawatir kalau penyebabnya adalag gangguan ginjal.

Sakit pinggang belakang alias low back pain, yang sebenarnya adalah rasa nyeri di punggung bagian bawah, menjadi salah satu kondisi yang paling sering dijadikan patokan penyakit ginjal. Padahal, tidak semua sakit pinggang menandai masalah pada ginjal.

Baca Juga : Efek Preeklamsia di Kehamilan Kedua Winda Viska, Kini Komplikasi Kehamilan Tersebut Serang Ginjalnya

Ginjal terletak di perut bagian atas di sisi kanan dan kiri tubuh, berlawanan dengan otot punggung.

Saat ginjal bermasalah salah satu gejalanya memang sakit pinggang. Biasanya, nyeri pinggang yang disebabkan oleh ginjal terletak di punggung bawah, tepatnya di antara tulang rusuk terendah dan bokong.

Rasa sakit ini biasanya menyerang salah satu sisi tubuh tetapi bukan tidak mungkin terjadi di kedua sisi. Nyeri ini tak jarang berkembang ke bawah panggul, selangkangan, atau ke daerah perut.

Baca Juga : Hasil Studi, Bakar Lemak Sambil Tidur Ternyata Bisa, Begini Caranya

Dilansir dari Kompas.com, Dr. dr. Nur Rasyid, Sp. U., Dokter Spesialis Urologi di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, menyatakan salah satu cara mudah mengenali ciri sakit pinggang karena ginjal yaitu rasa nyeri yang tidak akan hilang meski kita mengubah posisi.

Sakit pinggang biasa umumnya akan membaik dan berkurang ketika kita duduk atau berbaring.