Find Us On Social Media :

Penggunaan Ponsel Saat Hamil Ternyata Mengganggu Kesehatan Janin

bahaya radiasi ponsel bagi ibu hamil

GridHEALTH.id - Di era digital seperti ini, penggunaan ponsel memang menjadi andalan, termasuk penggunaan ponsel saat hamil.

Tak hanya digunakan untuk bekerja, namun ponsel saat ini dapat membayar tagihan dan memesan makanan dengan sekali sentuh.

Baca Juga : Sering Simpan Hp di Saku Celana Sebabkan Kemandulan, Benarkah?

Namun perlu diketahui, penggunaan ponsel saat hamil mengganggu kesehatan tubuh ibu hamil dan janin dalam kandungan karena radiasi yang dipancarkan ponsel.

Kata Devra Davis,PhD,MPH, pendiri Trust Kesehatan Lingkungan 'Wanita hamil harus berhati–hati terhadap paparan radiasi'.

Akan lebih baik gunakan headset atau speaker phone saat mendengarkan musik ke janin, daripada menempelkan langsung ponsel ke perut ibu hamil.

Baca Juga : Dikira Sampah, 5 Bagian Sayur dan Buah Ini Bermanfaat Bagi Kesehatan

Meskipun paparan atau radiasi pada janin sangat rendah, tapi lebih baik jika kita sebagai ibu hamil mencegahnya.

“Wanita hamil harus berhati-hati tentang paparan karena banyak alasan, bukan penelitian ini, ibu hamil diperingatkan harus menghindari paparan ke perut mereka," kata Dr. Davis.

"Jangan didekatkan ke perut, gunakan dengan headset atau pengeras suara,", tambahnya.

Baca Juga : Bahaya, Jangan Berikan MPASI Bayi Sebelum Usia 6 Bulan, Ini Alasannya

Selain itu, terkena radiasi dari HP, penggunaan ponsel saat hamil dapat menimbulkan risiko melahirkan anak yang hiperaktif walaupun kemungkinannya kecil, penelitian ini dipubliksi dalam Journal of Epidemiology and Community Health.