Find Us On Social Media :

9 Obat Alami Solusi Kesehatan Keluarga Dari Pekarangan Rumah

Obat alami dari pekarangan rumah

GridHEALTH.id - Punya sudut-sudut halaman rumah yang masih kosong? Jangan sia-siakan karena bisa diberdayakan untuk apotek hidup keluarga.

Jahe, jeruk nipis, kunyit, lengkuas, bawang putih, dan sejenisnya merupakan sedikit di antara sekitar 7.000-an tanaman obat yang ada di Indonesia.

Tepatnya, pengobatan alami atau yang lebih dikenal pengobatan herbal yang bisa dimanfaatkan secara langsung tanpa campuran zat-zat kimia.

Baca Juga : Sering Mengalami Nyeri Payudara Setelah Menstruasi? Bisa Jadi Ini yang Terjadi

Dengan demikian, efek samping yang terkandung pada obat-obatan kimiawi bisa dihindarkan.

Menurut Heri Saifudin, dari Lembaga Penggerak Pertanian Perkotaan, Depok, Jabar, dari sekitar 7.000-an jenis tanaman obat di Indonesia yang sudah teridentifikasi, baru sebanyak 20% yang dimanfaatkan secara efektif.

Berikut beberapa tanaman obat yang dapat ditanam di pekarangan rumah.

* Jahe: mengatasi masuk angin, sakit kepala, batuk, nyeri pinggang, terkilir, panu, cacing gelang, panu, dan sebagainya.

* Lidah buaya: untuk mengatasi cacingan, susah buang air kecil, wasir, sembelit, bisul, luka bakar, jerawat, dan batuk. Selain bisa digunakan sebagai penyubur rambut, manisan, maupun koktail.

Baca Juga : Empat Cara Alami Singkirkan Bau Badan Meski Berkeringat

* Mahkota dewa: bisa dimanfaatkan untuk mengatasi kanker, alergi, diabetes, penyakit kulit, gatal-gatal, dan eksim.

* Bawang putih: untuk mengatasi cacingan, hipertensi, sakit kepala, flu, disentri, batuk rejan, bronkitis, borok, ataupun luka akibat benda berkarat.