Find Us On Social Media :

Kuku Tangan dan Kaki Menghitam Hanya Di Ujung Jari, Ini Penyebabnya

Kuku, yang merupakan bagian dari kulit, sama rapuhnya. Oleh sebab itu dibutuhkan perawatan yang tepat agar tidak terjadi gangguan pada kulit dan kuku.

GridHEALTH.id - Banyak yang menghadapi masalah kuku yang menghitam, tapi lucunya hanya di kuku yang terletak di ujung?

 

Misalnya pada kaki dan tangan, hanya di bagian kelingking? Pertumbuhannya pun lebih lama. Mengapa demikian, dan apa penyebabnya?

Baca Juga : Bahaya Kuku Panjang Bagi Kesehatan, Melukai Diri Hingga Rawan Infeksi

Menurut dermatologis Steven Miller, seperti dikutip dari WebMD, kondisi ini bisa terjadi akibat adanya jamur atau peradangan di kuku.

Kondisi kuku yang rapuh, hitam dan tak tumbuh dengan baik seperti kuku-kuku lainnya paling sering akibat terinfeksi jamur. "Misalnya terjadi karena ketularan orang yang sudah berjamur, bisa dari candida atau bisa tinea unguium," kata Miller.

Kuku, yang merupakan bagian dari kulit, sama rapuhnya. Oleh sebab itu dibutuhkan perawatan yang tepat agar tidak terjadi gangguan pada kulit dan kuku.

Berikut sejumlah gangguan pada kuku yang kerap terjadi;

1. Ingrown Toenails. Kondisi ini dikenal sebagai cantengan. Adanya pertumbuhan kuku ke arah dalam kulit jari. Akibat adanya pemotongan kuku yang terlalu dalam atau penggunaan sepatu yang sempit.

2. Adanya infeksi jamur pada kuku (Onikomikosis). Sebenarnya terjadi pada permukaan kulit tepat di bawah kuku.

Ditandai dengan adanya perubahan warna pada kuku, menjadi lebih kuning atau lebih gelap, disertai dengan adanya kerapuhan pada kuku.

Baca Juga : Tidur Nyenyak Tanpa Perlu Obat, 6 Cara Ini Dapat Mengatasi Insomnia!

Penderitanya pun dapat terganggu dan tidak nyaman akibat adanya bau kaki yang tidak sedap.