Find Us On Social Media :

Obat Palsu Tak Ada Habisnya, Ternyata Obat Ini yang Paling Banyak

Beredarnya obat palsu mereshkan masyarakat itu benar adanya. Hal yang paling membahayakan dari kejadian itu ancaman kesehatan masyarakat yang tanpa sengaja mengonsumsinya.

GridHEALTH.id - Kasus obat palsu tak ada habis-habisnya. Seperti halnya kasus vaksin palsu yang pernah menghebohkan masyarakat. Memang hal ini sangat meresahkan masyarakat. tapi fenomena seperti ini memang marak terjadi di berbagai negara.

Baca Juga : Obat Diabetes Bisa Picu Penyakit Kardiovaskular, Ini Penjelasannya

Beredarnya obat palsu mereshkan masyarakat itu benar adanya. Hal yang paling membahayakan dari kejadian itu ancaman kesehatan masyarakat yang tanpa sengaja mengonsumsinya. Ada beberapa jenis obat yang paling sering dipalsukan di pasaran.

Dikutip dari Tribunnews.com, Eka Purnamasari selaku Kepala Sub Direktorat Inspeksi dan Serti_kasi Distribusi Produk Terapetik, Direktorat Produk Pengawasan Terapetik Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengungkapkan bahwa obat yang paling sering dipalsukan adalah obat disfungsi ereksi, obat penghilang rasa nyeri, serta antibiotik.

“Yang paling banyak dipalsukan itu obat disfungsi ereksi. Mungkin melihat kebutuhan masyarakat,” tutur Eka di Jakarta. Berdasarkan data BPOM, ada 17 merk obat palsu yang beredar di masyarakat.

Baca Juga : Diabetes Retinopati Bisa Sebabkan Kebutaan, Ini Penjelasannya

Dari data obat palsu tersebut didominasi oleh jenis obat disfungsi ereksi, antihipertensi, antipiretik-analgetik, serta anthistamin. Peredaran obat-obatan tersebut beredar secara ilegal tanpa izin pemerintah dan uji laboratorium.