Find Us On Social Media :

Pemanis Buatan Ternyata Bisa Menyebabkan Obesitas, Ini Penjelasannya

Konsumsi pemanis buatan yang menyerupai gula pada makanan dan minuman perlu diwaspadai.

GridHEALTH.id - Para penderita diabetes biasanya menggunakan pemanis buatan untuk menghindari penggunaan gula pasir, berharap supaya gula darahnya tetap terjaga pada batas yang disarankan.

Baca Juga : Jari Kaki Ayah Dewi Perssik Harus Diamputasi Akibat Kencing Manis, Begini Cara Perawatan Penderita Diabetes!

Tapi penelitian yang baru-baru ini dilakukan di Universitas Purdue, Amerika Serikat, menemukan,  makanan dan minuman yang dimaniskan secara artifisial mungkin memiliki efek peningkatan risiko obesitas, diabetes tipe 2, sindrom metabolik, dan kejadian kardiovaskular.

Demikian menurut penelitia ini yang diterbitkan di Trends in Endocrinology and Metabolism.

Susan E. Swithers, PhD, profesor ilmu psikologi dan ilmuwan saraf perilaku di Universitas Purdue, mengatakan, "Temuan dari berbagai penelitian menunjukkan bahwa konsumsi soda diet rendah kalori secara rutin, bahkan satu kali sehari, dapat dihubungkan dengan kemungkinan penyakit jantung, stroke, diabetes, sindrom metabolik dan tekanan darah tinggi yang lebih tinggi, selain berkontribusi pada penambahan berat badan. ”

Swithers meninjau data dari studi baru-baru ini tentang efek mengonsumsi pemanis buatan dan mengidentifikasi mekanisme yang mendasari antara pemanis ini dan potensi hasil kesehatan yang merugikan.

Menurut Swithers, data menunjukkan bahwa pasien yang secara teratur mengonsumsi minuman yang dimaniskan secara artifisial memiliki peningkatan risiko untuk hasil kesehatan negatif, termasuk diabetes tipe 2, sindrom metabolik dan CVD, dibandingkan dengan mereka yang tidak.

Besarnya peningkatan risiko ini mirip dengan yang diamati dengan minuman manis. Artikel Swithers mengutip San Antonio Heart Study, di antara calon peserta dan studi intervensi lainnya, yang mengaitkan minuman dengan pemanis buatan dengan hipertensi, risiko CV, dan peningkatan indek massa tubuh (IMT). 

Lebih lanjut, Swithers menulis bahwa dalam beberapa penelitian, peningkatan risiko yang terkait dengan pemanis buatan tidak cukup dijelaskan oleh karakteristik dasar, riwayat keluarga atau IMT.

Baca Juga : Manfaat Kolagen, Bikin Wajah Mulus Sampai Mengobati Lutut Ngilu

Data terbaru mendukung bukti yang menunjukkan bahwa konsumsi pemanis buatan secara teratur tampaknya merangsang asupan makanan dengan mengurangi kemampuan pasien untuk mengompensasi energi yang diberikan oleh pemanis kalori dalam makanan, tambahnya.