Find Us On Social Media :

Prebiotik dan Probiotik Kunci Kesehatan Saluran Cerna dan Imunitas Anak

Yogurt, salah satu probiotik terbaik makanannya prebiotik.

GridHEALTH.idPrebiotik dan probiotik diperoleh anak dari makanan juga minman. Jika ini selalu terpenuhi dengan baik anak pun akan sehat tak mudah sakit.

Tahukah, perut merupakan sarang penyakit? Karenanya orangtua perlu memperkuat sistem pencernaan anak, agar anak selalu sehat dan tak gampang sakit.

Dengan cara itu orangtua bisa memperkuat daya tahan tubuh anak melawan penyakit.

Baca Juga : Benarkah Sakit Panas Tinggi Selalu Terjadi Saat Anak Tumbuh Gigi?

Nah, menurut dr. Budi Purnomo, SpA, dari RSAB Harapan Kita, Jakarta, supaya kesehatan perut terjaga, ada beberapa hal penting yang perlu orangtua perhatikan, yakni:

1. Menjaga kebersihan/higienis.

Artinya, minimalkan adanya peluang kotoran atau kuman masuk ke dalam mulut. Peluang ini umumnya terjadi saat anak berada di fase oral ditandai dengan kesenangan memasukkan segala sesuatu ke dalam mulut.

Sama halnya dengan anak di luar fase oral yang tidak memiliki kebiasaan mencuci tangan, gemar menggigit-gigit kuku, hobi menarik-narik/menggaruk-garuk rambut ataupun minim pengetahuan tentang kebersihan diri dan makanan.

2. Menjaga agar usus/saluran pencernaan tidak terinfeksi kuman-kuman jahat. Jika diperlukan, pemberian prebiotik dan probiotik sangat dianjurkan.

Baca Juga : Begini Kondisi Bayi yang Diambil Sang Ayah dari Rahim Ibunya Setelah Dibunuh Menggunakan Parang di Bengkulu

Baca Juga : Obat Kanker Usus Tak Lagi Ditanggung BPJS, Ini Penjelasannya

3. Pemberian ASI pada bayi secara kontinu dan eksklusif sampai usia 6 bulan dan dilanjutkan hingga usia 2 tahun.