Find Us On Social Media :

Tanda Tulang Lemah, Salah Satunya Kebugaran Menurun dan Cepat Lelah

Salah satu tanda tulang lemah adalah cepat lelah dan kebugaran menurun.

 

GridHEALTH.id - Mengetahui apakah tulang kita masih kuat atau menurun kualitasnya alias mulai tulang lemah memang sulit.

Baca Juga : Kelainan Tulang Kaki Anak, Bila Diketahui Sejak Dini Dapat Disembuhkan

Hal ini karena tulang  tidak bisa dilihat. Meskipun tulang terlihat sebagai organ yang keras, namun sebenarnya tulang merupakan jaringan hidup yang dilengkapi pembuluh darah, saraf dan jaringan lunak lainnya.

Lantas, apakah kita bisa melihat tanda tulang lemah yang terjadi pada diri kita sendiri, dan bagaimana caranya?

Tulang lemah adalah tulang yang memiliki kepadatan mineral rendah. Tulang lemah ini cenderung mudah patah saat ada benturan kecil.

Sebenarnya, tidak ada gejala yang bisa dirasakan saat tulang lemah, namun tanda tulang lemah yang paling bisa terlihat dan dirasakan adalah saat tulang mudah patah.

Contohnya, jika kita berusia di atas 50 tahun, tiba-tiba kita terpeleset dan mengalami patah tulang, kemungkinan kita memiliki tulang yang lemah. Dalam bahasa medis disebut osteopenia.

Osteopenia adalah kondisi tulang lemah sebelum seseorang mengalami osteoporosis. Menurut National Osteoporosis Foundation seseorang yang memiliki osteopenia memiliki risiko lebih besar untuk mengalami osetoporosis. Pada fase ini, tulang mulai kehilangan kepadatan mineralnya.

Menurut  Dr. Susan E. Brown, kita sebenarnya masih bisa melihat tanda tulang lemah sebelum tulang kita benar-benar keropos melalui tanda-tanda berikut;

Baca Juga : Anaknya Kena Penyakit Langka CMD, Artis Joanna Alexandra Kebingungan Mencari Sepatu Khusus

1. Penurunan kemampuan melakukan aktivitas fisik

Tanda tulang lemah yang paling bisa dirasakan adalah penurunan kebugaran fisik yang bisa diukur dengan kapasitas aerobik, kekuatan otot, dan bahkan keseimbangan tubuh.