Find Us On Social Media :

Secangkir Kopi di Jakarta Lebih Mahal dari Roma dan Milan, Padahal Banyak Sekali Manfaat Kopi

Secangkir kopi di Jakarta harganya termasuk mahal, padahal manfaat kopi sangat banyak.

 

GridHEALTH.id - Indonesia merupakan negara ekspor kopi terbesar keempat di dunia, namun harga kopi di ibukota Jakarta terhitung mahal dan berada di nomor 13 di dunia.

Baca Juga : Tak Hanya Nikmat Diminum, Kopi Juga Punya Banyak Manfaat untuk Kulit!

Seperti dilansir dari laman Liputan 6, peringkat itu berasal dari laporan UBS perihal harga kopi termahal di berbagai penjuru dunia.

Indonesia yang berada di peringkat 13 berarti memiliki kopi yang lebih mahal dari di Roma, Italia (75), Tokyo, Jepang (26), Amsterdam, Belanda (38), dan London, Inggris (19).

Dalam studi ini, UBS berkonsultasi ke para ahli mengenai berapa harga secangkir kopi hitam (Americano) ukuran reguler, tanpa menghitung harga gula dan susu.

Harga secangkir kopi di Jakarta tercatat seharga USD 4,10 atau setara Rp 57 ribu (USD 1 = Rp 14.067). Itu pun lebih murah dari Hanoi (67) dan Rio de Janeiro (61). Padahal, dua negara itu juga penghasil kopi.

"Ironisnya, Indonesia adalah eksportir kopi terbesar keempat di dunia, dan kota-kota di negara pengekspor kopi lain seperti Brazi, Vietnam, dan Kolombia menjual kopi dengan lebih murah," tulis UBS.

Indonesia memang salah satu eksportir kopi terbesar di dunia. Per Mei tahun 2018, ekspor kopi sudah mencapai Rp 6,7 triliun.

Di mana negara dengan secangkir kopi termahal? Kopi termahal ada di ibukota Qatar dengan harga mencapai USD 6,4 (Rp 90 ribu) per cangkir.

Baca Juga : Tertawa Terbahak-bahak Bisa Sebabkan Kematian, Mitos atau Fakta?

 

Patut diakui, kopi adalah salah satu minuman paling populer di seluruh dunia karena pecinta kopi ada dimana-mana.