Find Us On Social Media :

Melalui Pengobatan Transplantasi Peneliti Sembuhkan Pasien HIV/AIDS

HIV/aids

GridHEALTH.id - HIV/AIDS merupakan salah satu penyakit yang baru bisa dikendalikan sejak dideteksi pada manusia 37 tahun yang lalu.

Dikendalikan di sini adalah bukan disembuhkan.

Sebagai informasi, human immunodeficiency virus (HIV) adalah jenis virus yang menyerang imunitas tubuh seseorang, sehingga menyebabkan pengidapnya rentan terserang berbagai macam penyakit.

Sedangkan Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS) merupakan sekumpulan gejala dan infeksi yang timbul karena rusaknya sistem kekebalan tubuh akibat serangan HIV.

Baca Juga : Awas Ada Bakteri Bersemayam di Dalam Susu Formula dan Bubur Bayi

Berdasarkan data dari UNAIDS, kira-kira terdapat 36,9 juta masyarakat dari berbagai negara mengidap HIV/AIDS pada 2017.

Dari total penderita yang ada, sebanyak 1,8 juta di antaranya adalah anak-anak berusia di bawah 15 tahun. Selebihnya orang dewasa dengan jumlah 35,1 juta penderita.

Masih bersumber dari data tersebut, penderita HIV/AIDS lebih banyak diderita oleh kaum wanita, yakni sebanyak 18,2 juta penderita. Sementara laki-laki sebanyak 16,9 juta penderita.Tidak sedikit penderita HIV/AIDS berpikir bahwa hidupnya sudah selesai dengan adanya virus dan infeksi dalam tubuhnya.

Baca Juga : Tidak Semua Bayi Perlu Proses Inisiasi Menyusui Dini (IMD), Ini Penjelasannya

Namun sebuah pengobatan dari Inggris seakan memberikan harapan baru bagi penderita penyakit berbahaya ini.

Melansir laman The Guardian, seorang pasien asal London, Inggris, dinyatakan sebagai orang kedua yang bebas dari virus HIV setelah mendapat transplantasi sumsum tulang.