Find Us On Social Media :

Hati-hati Gunakan Tetes Mata Sebab Berisiko Timbulkan Glaukoma

Hati-hati gunakan obat tetes mata karena berisiko timbulkan glaukoma.

 

GridHEALTH.id - Glaukoma merupakan gangguan penglihatan yang disebabkan oleh kerusakan saraf optik yang biasanya diakibatkan karena adanya tekanan di dalam mata. Sayangnya, glaukoma tidak dapat diobati atau diperbaiki kembali.

Baca Juga : Fakta, Gangguan Mata Bisa Dicegah Dengan Makan 1 Jeruk Setiap Hari

Biasanya penderita glaukoma mengawali dengan sakit mata seperti iritasi atau merah. Namun sering kali pengobatannya hanya menggunakan obat tetes mata yang dijual bebas.

Pun setelah itu, penggunaannya sering kali tak terkontrol. Padahal penting sekali untuk memerhatikan cara menggunakan obat tetes yang benar untuk mencegah terjadinya infeksi mata.

Dokter mata James Salz, MD, profesor klinis oftalmologi di University of Southern California di Los Angeles dan juru bicara American Academy of Ophthalmology menjelaskan tentang hal ini.

Menurutnya, kalau menggunakan suatu produk terlalu sering atau terlalu banyak setiap hari berturut-turut justru dapat membuat kemerahan dan iritasi pada mata bertambah parah akibat bahan pengawet yang dikandungnya.

Untuk itu, pastikan selalu mengikuti petunjuk pada botol dan dokter Salz menyarankan untuk mengaplikasikan obat tetes mata dengan cara aman seperti berikut.

Mulailah dengan mencuci tangan dan jangan menyentuh ujung pipet obat tetes mata dengan tangan yang kotor agar tidak menyebabkan bakteri menyebar melalui pipet dan berpindah ke mata.

Baca Juga : Piring Kotor Tak Boleh Menumpuk di Bak Cuci, Ini Kandungan Sejumlah Bakterinya

Lihatlah ke ke atas dan sedikit melotot untuk menjauhkan bulu mata dari bola mata lalu teteskan obat tersebut di tepi mata.