Find Us On Social Media :

Ketiak Sering Terasa Sakit? Bisa Jadi Ada Ancaman Kesehatan Serius

Ketiak Sering Terasa Sakit? Bisa Jadi Mengancam Kondisi Kesehatan

GridHEALTH.id - Sakit di ketiak sering kali diderita sebagian orang, bahkan pada wanita dan pria.

Biasanya sakit ketiak dimulai dari rasa gatal, perih, bahkan lebih parahnya ketiak akan merasakan sakit ketika disentuh.

Baca Juga : Pamer Ketiak, Artis ini Malah Banjir Pujian, Ini Manfaat Bulu Ketiak

Ternyata sakit ketiak ini tak boleh diabaikan begitu saja, karena bisa jadi sakit ketiak ini menjadi pertanda suatu penyakit yang harus diwaspadai.

Melansir dari laman Mayo Clinic, beberapa gangguan yang sering menyebabkan ketiak terasa sakit, diantaranya:

1. Folikulitis

Folikulitis atau radang akar rambut ini terjadi karena folikel rambut yang mengalami peradangan, biasanya disebabkan oleh infeksi bakter atau jamur.

Baca Juga : Freddie Mercury Penyanyi Legendaris Bersuara Ajaib, Apakah Benar Bentuk Gigi yang Memengaruhi Suaranya?

Hal ini menyebabkan muncul benjolan merah kecil atau jerawat berkepala putih di sekitar folikel rambut (kantong kecil tempat setiap rambut tumbuh), kulit terasa gatal, kulit memerah bahkan terlihat seperti terbakar.

Radang akar rambut ini kemungkinan akan hilang dalam beberapa hari dengan melakukan perawatan kebersihan di sekitar area radang.

Walaup kondisinya tidak mengancam jiwa, tetapi bisa gatal, sakit, bahkan parahnya dapat menyebabkan rambut rontok dan bekas luka permanen.

Baca Juga : Pernah Sakit Gigi Hingga Gusi Berdarah? Ini Penyebab dan Pencegahannya

Folikulitis sering terjadi pada seseorang yang sering mencabut rambut ketiak, mencukur rambut ketiak menggunakan alat cukur, bahkan seorang yang sering berendam di bak air panas atau kolam air hangat yang mengandung klorin dan pH yang tidak diatur dengan baik.