Find Us On Social Media :

Agar Berhubungan Intim Setelah Melahirkan Tidak Sakit Tapi Tetap Memuaskan, Ikuti Aturan Ini

Berhubungan intim setelah melahirkan yang nyaman dan tidak menyakitkan

GridHEALTH.id - Setelah menunggu beberapa waktu selama hamil serta melahirkan, tidak heran  jika pasangan ingin merasakan masa-masa kebersamaan bersama sang istri.

Tidak ada hal lain yang dapat dilakukan untuk mempererat hubungan dengan cara berhubungan intim.

Tapi terkadang berhubungan intim setelah melahirkan masih terasa sakit bagi wanita, terlebih jika jahitan belum sembuh benar.

Oleh karena itu, masing-masing harus memerhatikan aturan agar berhubungan intim setelah melahirkan berjalan lancar.

Baca Juga : Mau Panjang Umur? Mohon Jangan Lakukan Aktivitas Ini di Tempat Tidur

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam BJOG: sebuah Jurnal Internasional Obstetri dan Ginekologi menemukan bahwa 85,7% perempuan yang telah melakukan hubungan intim 12 bulan pasca-melahirkan masih mengalami rasa sakit saat pertama kali bercinta lagi.

Sedangkan angka tertinggi (44.7%) perempuan diketahui telah melakukan hubungan intim 3 bulan setelah melahirkan, seperti yang dilansir dari Insider.

Masa setelah melahirkan akan menjadi 'masa baru' bagi perempuan karena adanya perubahan fisik pada tubuh mereka.

Terlepas dari proses melahirkannya, berhubungan intim setelah postpartum perlu dipikirkan dengan baik, jangan sampai hal ini justru berdampak buruk bagi tubuh.

American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG) menyatakan bahwa tidak ada "masa menunggu" bagi perempuan untuk melakukan hubungan intim setelah melahirkan, tetapi bagi beberapa dokter akan menyarankan menunggu empat sampai enam minggu setelah melahirkan.