Find Us On Social Media :

Balita Dilarang Konsumi Mi, Karena Berbahaya, Tidak Bisa Dicerna...?

Anak dilarang mengonsumsi mi, karena berbahaya, tidak bisa dicerna, benarkah?

GridHEALTH.id – Orangtua yang pernah memberikan mi, juga yang tidak memberkan mi pada balitanya umumnya sepakat jika mi tidak boleh dikonsumsi balita.

Alasannya tidak lain karena masalah kesehatan. Mi berbahaya bagi balita.

Ada yang mengatakan mi tidak bisa dicerna oleh pencernaan anak.

Baca Juga : Obat Batuk Pilek yang Dijual Bebas Dilarang Diberikan Kepada Anak

Ada juga yang percaya mi bisa membuat perut anak melilit dan merusak sistim pencernaan.

Apakah itu benar?

Menurut Dr. Ir. Ratih Dewanti-Hariyadi, MSc., peneliti dari Fakultas Industri dan Teknologi Pangan, IPB. Pada dasarnya mi tidak merusak pencernaan anak. Yang perlu diwaspadai justru bumbunya. Yang biasanya ditambahkan ke dalam mi kering adalah pewarna dan MSG.

Kedua zat ini, selama konsentrasinya memenuhi persyaratan, memang boleh ditambahkan. Namun, Kandungan MSG dalam mi dapat membuat anak yang terlalu banyak mengonsumsinya mengalami gatal-gatal, bahkan ada yang sampai korengan.

Baca Juga : Tidak Hanya 'Lelaki' dan 'Perempuan', di Thailand Terbagi 18 Gender atau Jenis Kelamin Legal! Apa Saja?

Terutama pada individu yang alergi terhadap MSG dan mengalami Chinese Restaurant Syndrome. Mereka biasanya merasa mual dan atau mulutnya terasa pahit setelah mengonsumsi makanan yang mengandung MSG.

Satu hal yang perlu diketahui, sampai saat ini keamanan MSG masih dianggap kontroversial dan terus diteliti.

“Ada yang mengatakan MSG bisa menimbulkan kanker, sementara yang pro mengatakan aman-aman saja.” Karenanya, lanjut Ratih, untuk meminimalkan risiko ini, gunakan bumbu seperlunya dan jangan dicampurkan semuanya. Sebagai langkah aman, tentu saja lebih baik menghindari daripada terjadi sesuatu di kemudian hari.