Find Us On Social Media :

Tulisan Tangan Dokter Jelek Mirip Cakar Ayam? Ternyata Ini Alasannya

Tulisan tangan dokter jelek karena butuh menulis cepat dengan alasan waktu.

GridHEALTH.id- Setelah berobat dari dokter, jika mendapat resep, hal yang sering kita lakukan adalah memicingkan mata, mencoba membaca apa yang ditulis dokter. Betul tidak?

Baca Juga : Obat Flu di Musim Hujan Yang Disarankan Dokter, Tak Harus Antibiotik

Sayangnya sebagian besar dari kita gagal membaca karena tulisan tangan dokter kalau mau jujur, jelek sekali. Mirip cakar ayam. Dokter biasanya menulis untuk memberikan resep obat, dengan tulisan yang sulit dibaca

Sehubungan dengan tulisan ini, bahkan ada guyonan, tulisan tangan yang jelek pun seolah menjadi persyaratan untuk lulus sekolah kedokteran. 

Asal tahu saja, tulisan tangan dokter yang jelek, tidak hanya ada di Indonesia. Fenomena ini ternyata juga terjadi di berbagai belahan dunia lainnya.

Ruth Brocato, dokter umum dari Mercy Medical Center, mengatakan, dulu dirinya memenangkan penghargaan tulisan tangan saat SD.

Namun, kini tulisannya malah sama sekali tak bisa dibaca. "Saya tahu orang lain kesulitan mengartikan catatan saya," kata Dr Brocato, dikutip dari Reader's Digest.

Meski begitu, Brocato mengaku biasanya masih bisa membaca tulisannya sendiri. "Jika Anda benar-benar menulis selama 10 hingga 12 jam sehari, dan Anda menulis dengan tangan, tangan Anda tidak akan bisa melakukannya," tambah Brocato.

Baca Juga : Jangan Lakukan Ini di Pesawat Agar Perjalanan Aman dan Nyaman

Asher Goldstein, dokter manajemen nyeri dari Genesis Pain Centers, menyatakan, tulisan tangan  dokter makin buruk karena otot-otot kecil di tangannya lelah setelah harus bekerja sepanjang hari.