Find Us On Social Media :

Pencernaan Sehat Didapat Dari Cara Makan yang Sehat, Begini Caranya

Menikmati makanan dan mengunyah perlahan dapat membuat pencernaan sehat.

GridHEALTH.id -  Salah satu tanda tubuh yang sehat adalah memiliki pencernaan yang sehat. Sebabnya, apa yang kita konsumsi setiap hari menjadi penentu kesehatan tubuh.

Baca Juga : Rambutan, Buah Kaya Vitamin C dan Antoksidan yang Mampu Lancarkan Pencernaan Hingga Cegah Kanker!

Sebagai contoh, ketika makanan yang dikonsumsi terlalu pedas, maka sistem pencernaan yang paling dulu kena dampaknya.

Contoh lainnya, makan terburu-buru  akan membuat tubuh kita tidak bisa menyerap zat-zat gizi secara maksimal. Yang terjadi, akan banyak angin tertelan yang membuat kita sering sendawa dan kembung.

Untuk membuat pencernaan sehat, selain mengonsumsi makanan bergizi, ternyata cara kita makan juga berpengaruh.

Berikut anjuran cara makan yang tepat agar pencernaan sehat didapat, seperti dilansir dari Women's Weekly; 1. Mengunyah makanan dengan teratur dan perlahan

Saat mengunyah, letakkan kembali sendok di piring. Mengunyah adalah bagian penting dari proses pencernaan sehat, memecah potongan makanan yang besar menjadi lebih halus.

Anjuran para ahli, kita mengunyah sedikitnya 20 kali setiap suapan. Mengunyah secara perlahan juga memberi waktu yang cukup bagi enzim (di mulut) untuk memecah dan mencairkan makanan, sehingga kerja lambung lebih ringan.

Baca Juga : Studi: Ternyata Minum Kopi Membuat Wanita Sehat, Ini Alasannya

Mengunyah secara perlahan juga membantu menjaga berat badan, karena mengurangi nafsu makan menggebu. Dengan mengunyah perlahan, kita terhindar dari berat badan berlebih dan obesitas.