Find Us On Social Media :

Anak Angkat Venna Melinda Dulu Lahir Prematur & Keracunan Tali Pusar, Begini Kondisinya Setelah 2 Tahun Berselang

Dulunya lahir prematur dan sempat keracunan tali pusar, begini kondisi anak angkat Venna Melinda sekarang

GridHEALTH.id - Pada 2016 silam, Venna Melinda mengadopsi seorang bayi perempuan yang sekarang sudah berusia 4 tahun bernama Vania Athabina.

Vania merupakan bayi yang dulunya ditemukan seseorang di Masjid Fathullah Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Ciputat Timur, Tangerang Selatan pada September 2016.

Tahu ada seseorang yang tega meninggalkan bayi baru lahir di masjid, Venna pun langsung berniat untuk mengadopsinya.

Baca Juga : Terlalu Sering Bermain Ponsel Tak Sehat, Picu Gangguan Saraf Tepi atau Neuropati

Venna harus memenuhi berbagai persyaratan yang ada, agar bayi yang nampaknya baru dilahirkan itu terdaftar secara legal.

Pada sebuah wawancara di salah satu program televisi, Venna bercerita saat ditemukan Vania merupakan bayi prematur dengan berat hanya 1,7 kilogram saja.

Terlebih saat itu bayi Vania sempat keracunan akibat tali pusarnya belum dipotong oleh ibu kandungnya.

Padahal, anjuran yang disarankan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk memotong tali pusar pada bayi prematur adalah 1 menit setelah lahir, seperti yang dilansir dari Kompas.com.

Dr Haywood Brown, spesialis kesehatan ibu anak dari Universitas Duke sekaligus presiden American College of Obstetrics and Gynecology (ACOG) mengatakan bahwa pemotongan tali pusar yang ditunda akan memberi manfaat bagi bayi.

Dia menjelaskan, bayi prematur lahir dengan lebih sedikit darah daripada bayi yang lahir normal atau cukup umur. Mereka juga tidak bisa memproduksi secepat tubuh memecah sel darah merah sehingga sering mengalami anemia.