Find Us On Social Media :

Penelitian: Wanita yang Hamil di Usia Ini Berpeluang Besar Lahirkan Anak Cerdas

Wanita yang hamil di usia ini cenderung lahirkan anak cerdas

GridHEALTH.id - Sebuah penelitian telah menunjukkan ada usia yang bagus bagi wanita untuk mengandung anak pertamanya.

Penelitian dari London School of Economics melihat data dari Mellenium Cohort Study menemukan bahwa ibu yang lebih tua, usia 30-an, akan lebih mungkin untuk melahirkan anak cerdas daripada mereka yang memiliki anak di usia muda.

Penelitian tersebut telah mengamati dengan tes kognitif dari 18 ribu anak di Inggris dan usia ibu mereka saat melahirkan.

Baca Juga : Jika Ubun-Ubun Bayi Tunjukkan 5 Kondisi Berikut, Jangan Anggap Biasa Segera Konsultasikan Kepada Dokter

Penelitian itu menunjukkan anak lahir saat usia ibu 30 tahunan lebih unggul dari pada mereka yang mempunyai ibu berusia 20 atau 40 tahun saat melahirkan.

Kemampuan yang diuji adalah membaca, berpikir dan mengingat dengan anak yang masih berusia 10 hingga 11 tahun.

Alasan mengapa mereka lebih pintar adalah, wanita yang menunda kehamilan memilih untuk membangun karir mereka daripada perempuan dengan usia lebih muda.

"Ibu pertama kali berusia 30-an, misalnya, cenderung lebih berpendidikan, memiliki pendapatan lebih tinggi, lebih cenderung berada dalam hubungan yang stabil, memiliki gaya hidup yang lebih sehat, mencari perawatan sebelum melahirkan lebih awal dan telah merencanakan kehamilan mereka,” ujar peneliti LSE Alice Goisis, melansir Independent UK.

Baca Juga : 9 Benda di Dekat Anak Ini Dapat Memicu Tumor Otak, Seperti yang Terjadi Pada Anak Marcella Zalianty

Sehingga ibu dengan usia 30-an mampu mencurahkan perhatian mereka lebih banyak karena dianggap sudah menyelesaikan pekerjaan mereka.

Meski penelitian ini diterbitkan pada 2015, masih banyak wanita yang percaya dengan penelitian satu ini.

Penelitian tersebut juga menjelaskan bagaimana menunda kelahiran hingga usia 40 tahun atau lebih tua dapat dikaitkan dengan peningkatan risiko obesitas.

Baca Juga : Anak Angkat Venna Melinda Dulu Lahir Prematur & Keracunan Tali Pusar, Begini Kondisinya Setelah 2 Tahun Berselang