Find Us On Social Media :

Risiko Kanker Pankreas Mengancam Mereka yang Kelebihan Berat Badan

Mereka yang kegemukan perlu waspada pada risiko munculnya kanker pankreas.

GridHEALTH.id - Mereka yang kelebihan berat badan sebelum usia 50 tahun secara signifikan mesti waspada karena kondisi ini dapat meningkatkan risiko kematian akibat kanker pankreas.

Baca Juga : Ini 5 Makanan Pencegah Kanker Prostat, Kanker Paling Ditakuti Pria

Angka penderita kanker pankreas relatif tidak banyak, terhitung hanya lebih kurang 3% dari semua kasus kanker.

Namun, itu adalah jenis kanker yang sangat mematikan, dengan tingkat kelangsungan hidup lima tahun hanya 8,5%, kata para peneliti.

"Tingkat kanker pankreas telah terus meningkat sejak awal 2000-an," kata Eric J Jacobs, peneliti senior sekaligus direktur ilmiah di Epidemiology Research, American Cancer Society di AS.

"Kami bingung dengan kenaikan itu karena merokok - faktor risiko utama kanker pankreas - menurun," katanya dalam sebuah pernyataan.

Sebagian besar penelitian sebelumnya tentang hubungan antara berat dan kanker pankreas didasarkan pada berat badan yang diukur pada usia dewasa yang lebih tua, yang mungkin kurang  bisa mencerminkan lemak tubuh yang didapat sejak kapan, kata Jacobs.

Para peneliti berusaha mencari tahu apakah kelebihan berat badan yang diukur sebelumnya di masa dewasa mungkin lebih kuat terkait dengan risiko kanker pankreas daripada kelebihan berat badan yang diukur pada usia yang lebih tua.

Baca Juga : Demi Kehamilan Sehat Ibu Hamil Dilarang Kerja Malam, Ini Alasannya

Tim memeriksa data dari 963.317 orang dewasa AS yang tidak memiliki riwayat kanker.

Semua peserta melaporkan berat dan tinggi badan mereka hanya sekali, pada awal studi, ketika beberapa masih semuda 30 sementara yang lain berusia 70-an atau 80-an.