Find Us On Social Media :

Bawang Putih Cegah Penyakit Di Usia Tua Hingga Penyakit Berat Berikut, Ini Buktinya Menurut Pakar

Kondisi ini akan dirasakan oleh tubuh ketika rutin konsumsi bawang putih mentah

GridHEALTH.id - Bawang putih merupakan salah satu dari berbagai bahan makanan yang mempunyai beragam manfaat karena mengandung nutrisi yang sangat baik untuk tubuh.

Baru-baru ini para ilmuwan menyarankan lagi untuk mengonsumsi bawang putih mentah untuk mencegah Alzheimer dan Parkinson.

Senyawa alami yang ditemukan dalam bawang putih, yaitu allyl sulfide, dapat meningkatkan kesehatan bakteri dalam perut dan juga meningkatkan kesehatan kognitif pada orang tua.

Baca Juga : Selama 99 Tahun Wanita Ini Hidup dengan Organ Tubuh 'Terbalik' & Tak Pernah Mengetahuinya!

Ilmuwan Amerika Serikat menemukan senyawa mengembalikan triliunan mikroorganisme di usus, yang juga dikenal sebagai mikrobiota usus.

Penelitian sebelumnya telah menyoroti pentingnya mikrobiota usus dalam menjaga kesehatan.

Tetapi beberapa penelitian telah mengeksplorasi kesehatan usus dan kondisi terkait usia.

"Temuan kami menunjukkan bahwa pemberian diet bawang putih yang mengandung allyl sulfide bisa membantu menjaga mikroorganisme usus yang sehat dan meningkatkan kesehatan kognitif pada orang tua," ujar Dr Jyotirmaya Behera di University of Louisville di Kentucky, Amerika Serikat.

Sebab, semakin bertambahnya usia, keragaman mikrobiota usus semakin berkurang.

Baca Juga : Anissa Aziza Curhat Alami Gigi Ngilu, Apa Penyebabnya pada Ibu Hamil?

"Keragaman mikrobiota usus berkurang pada orang lanjut usia, sebuah tahap kehidupan ketika penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer dan Parkinson berkembang dan kemampuan memori dan kognitif dapat menurun," tutur rekan penulis dalam penelitian ini, Dr. Neetu Tyagi, melansir Daily Mail.