Find Us On Social Media :

Sadari Bahaya Kanker Payudara Sejak Dini, Dengan Pemeriksaan Sendiri

Kanker payudara bisa di cek sendiri dengan beberapa gerakan sederhana.

GridHEALTH - Di Indonesia penyakit kanker mengalami peningkatan dalam lima tahun terakhir.

Menurut Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018, prevalensi kanker di Indonesia mencapai 1.79 per 1000 penduduk, naik dari tahun 2013 sebanyak 1.4 per 1000 penduduk.

Salah satu penyumbang angka teringgi adalah kanker payudara yaitu sebesar 42,1 per 100.000 penduduk dengan rata-rata kematian 17 per 100.000 penduduk.

Baca Juga : Di Kamerun Setrika Payudara Diberlakukan Orangtua Kepada Anaknya Untuk Hindari Kejahatan Seksual, Padahal Risikonya Mengerikan

Gejala kanker payudara diantaranya terdapat benjolan pada payudara atau bagian ketiak, retraksi (tertarik ke dalam) puting, perubahan payudara dan puting, serta perubahan warna kulit pada bagian payudara dan sekitarnya.

Sangat penting bagi wanita untuk memahami bahwa mereka bisa melakukan beberapa hal untuk mencegah kanker payudara sejak dini, karena mendeteksi lebih awal kemungkinan untuk sembuh akan semakin besar.

Dengan memeriksa sendiri payudaranya wanita bisa mengenali ciri-cirinya, berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan seperti dilansir dari rspkujogja.com:

Perhatikan payudara dengan posisi kedua tangan di atas kepala kemudian kedua tangan di pinggang.

Angkat tangan kiri ke atas kepala.

Baca Juga : Belut Angulas Mahalnya Selangit, Tapi Zat Arginin di Dalamnya Mampu Cegah Kanker Payudara!

Gunakan permukaan jari yang rata untuk meraba atau menekan payudara serta pastikan untuk menyentuh seluruh bagian payudara.

Pola yang digunakan bisa dengan gerakan arah memutar, gerakan arah naik dan turun atau arah keluar dan masuk area puting.