Find Us On Social Media :

Studi Kesehatan: Banyaknya Lemak Makanan di Otak Sebabkan Gangguan Mental

Makanan berlemak tinggi seperti kentang goreng dapat memengaruhi kerja otak yang berujung pada munculnya depresi.

GridHEALTH.id - Sekelompok tim peneliti dari Universitas Glasgow di Inggris dan Gladstone Institutes, di San Francisco, CA, baru-baru ini mempelajari bagaimana makan diet tinggi lemak jenuh dapat membuat depresi lebih mungkin terjadi, menggunakan model tikus untuk melakukannya.

Baca Juga: Terkenal Bisa Turunkan Berat Badan, Benarkah Air Lemon Bisa Bakar Lemak dalam Tubuh?

Para peneliti - yang dipimpin oleh Prof. George Baillie, dari University of Glasgow - mencatat bahwa ini adalah topik penelitian yang sangat penting, karena depresi yang berkaitan dengan obesitas tampaknya terjadi melalui mekanisme berbeda dari depresi pada individu yang sehat.

Dalam makalah studinya, yang muncul dalam jurnal Translational Psychiatry, tim peneliti menjelaskan bahwa banyak orang dengan obesitas dan depresi, yang dokter obati dengan antidepresan biasa, tidak melihat manfaat apa pun dari perawatan.

Pada saat yang sama, orang dengan obesitas dan depresi juga tidak mengalami beberapa efek samping yang biasanya orang kaitkan dengan antidepresan tersebut, seperti penambahan berat badan lebih lanjut.

"Ketika dibandingkan dengan pasien dengan berat badan normal, pasien yang kelebihan berat badan dan obesitas menunjukkan respons yang secara substansial lebih lambat terhadap pengobatan antidepresan, lebih sedikit peningkatan dalam neuroendokrinologi dan proses kognitif, dan lebih sedikit peningkatan berat badan yang diinduksi antidepresan," tulis para peneliti.

Baca Juga: Meski Dimusuhi, Gula Mampu Deteksi Keberadaan Tumor Di dalam Tubuh

Jadi, apa yang terjadi pada otak orang yang kelebihan berat badan atau memiliki obesitas yang membuat mereka lebih rentan terhadap depresi?