Find Us On Social Media :

Mengerikan! Main Handphone Sembari BAB Berbahaya, Bisa Tularkan Penyakit Infeksi

Main handphone sembari BAB berbahaya, bisa tularkan penyakit infeksi.

GridHEALTH.id - Dalam masyarakat terobsesi teknologi, tidak mengherankan bahwa orang menggunakan ponsel mereka di mana-mana, bahkan ketika pergi ke kamar mandi.

Baca Juga: Akibat Makan 50 Buah Ceri, Gadis Ini Sakit 'Flu Perut' Akut Hingga BAB 'Berdarah' dan Pingsan di Toilet

Tak sedikit orang buang air besar sambil bermain handphone di kamar mandi. Entah membaca berita, melakukan aktivitas sosial media, sampai menonton film.

Bahkan sebuah penelitian yang dilakukan pada 2016 menemukan bahwa 41% orang Australia menggunakan telepon mereka di toilet, sementara untuk orang Amerika angkanya mendekati 75%.

Meskipun mungkin tampak seperti multitasking yang pintar, seorang dokter mengatakan bahwa kita sebenarnya mempertaruhkan kesehatan dengan membawa perangkat ini ke toilet.

Asal tahu saja, telepon genggam merupakan salah satu benda yang cepat menularkan penyakit. Terlebih penggunaannya yang tak bisa lepas dalam kehidupan sehari-hari, sehingga berisiko menjadi tempat bakteri.

Misalnya, bila usai buang air besar tentu tangan kita menjadi kotor, karena belum tentu membersihkannya sampai tuntas atau benar. Dampaknya penyakit bisa menginfeksi tubuh karena bekas membersihkan bagian anus.

Baca Juga: Senang Makan Camilan Tapi Takut Gemuk? Coba 6 Camilan Sehat Ini

"Ada partikel air dan udara yang menempel di lipatan kecil ponsel," kata Dr Anchita Karmakar kepada Timesof India. "Dan penutup telepon dan kasing biasanya terbuat dari karet, yang merupakan tempat hangat dan nyaman bagi bakteri."