Find Us On Social Media :

Penderita Diabetes Sering Kembung dan Kentut, Ternyata Karena Hal Ini

Penderita diabetes kerap kentut karena pengaruh obat yang berdampak pada pencernaan.

GridHEALTH.idKentut adalah gas dalam saluran pencernaan yang dibuang dari tubuh melalui anus. Kentut umumnya bermula dari kelebihan gas pada saluran cerna bagian atas yang dapat diakibatkan banyak hal.

Baca Juga: Tak Usah Malu Lagi, Kini Ada Pil Kentut Bikin Bau Kentut Jadi Wangi Cokelat Hingga Mawar

Mulai dari menelan terlalu banyak udara, mengunyah permen karet, hingga terlalu banyak mengonsumsi beberapa jenis makanan tertentu. Selain sering kentut, kelebihan gas juga dapat disertai perut kembung dan bersendawa.

Secara umum, makanan yang tinggi serat, yang terbuat dari tepung, dan yang mengandung gula alami lebih berisiko menjadi penyebab sering kentut.

Namun pada penderita diabetes, karena mereka kerap mengalami perut kembung, maka mereka sering mengeluhkan kentut. 

Banyak yang bilang, kalau perut kembung pada diabetes ini akibat penyakit itu sendiri. Ada juga yang percaya kalau obat diabetes yang jadi penyebab utamanya. Sebenarnya, apa sih yang membuat perut kembung pada diabetes?

Perut kembung sebenarnya adalah gejala yang wajar terjadi pada setiap orang, tak hanya pada orang dengan diabetes saja.

Baca Juga: Lebih Suka Gorengan, Akibatnya Masyarakat Indonesia Masih Banyak Kekurangan Protein Seperti Ruben Onsu, Ini Cara Mendapatkan Protein yang Murah dan Sehat

Kondisi ini dapat diakibatkan oleh berbagai hal. Namun, memang dalam kasus ini diabetes dapat memengaruhi cara kerja organ pencernaan.