Find Us On Social Media :

Suka Menyendiri di Rumah Bisa Jadi Tanda Skizofrenia, Ketahui Gejala dan Cara Pencegahannya

Skizofrenia adalah gangguan mental yang menyebabkan seseorang berhalusinasi. Meski tak dapat disembuhkan, gangguan mental ini dapat dikendalikan dengan penanganan yang tepat,

GridHEALTH.id - Komunitas Peduli Skizofrenia Indonesia atau disingkat KPSI, menggelar sesi konseling bagi para penderita maupun keluarga penderita gangguan mental skizofrenia pada hari Sabtu, 27 Juli 2019.

Bertempat di Jalan Jatinegara Timur no.99, Kampung Melayu-Jakarta Timur, sesi konseling ini membahas topik tentang pengobatan skizofrenia.

Baca Juga: Fakta : Wawan Mengidap Penyakit Skizofrenia Bukan Kecanduan Game

Bagus Utomo selaku ketua KPSI, membagikan pengetahuan yang dimiliki tentang gangguan mental skizofrenia ini.

Bagus menjabarkan, skizofrenia terjadi karena adanya senyawa kimiawi dopamin yang berlebih dalam otak yang menyebabkan gangguan fungsi otak, seperti halusinasi, delusi, ataupun munculnya bisikan-bisikan dalam otak seseorang.

Bagus menjelaskan bahwa faktor penyebab munculnya skizofrenia, sangatlah kompleks.

“Bisa karena trauma, benturan di kepala, infeksi otak, bisa juga karena faktor lingkungan dan pola asuh orangtua yang membentuk karakternya menjadi rentan terhadap kerusakan jiwa. Apalagi kalau orangtuanya ada masalah kesehatan jiwa juga, semakin besar kemungkinan skizofrenia,”

Baca Juga: Tempelkan Bawang Pada Telapak Kaki Menjelang Tidur, Lihat Dampaknya Bagi Tubuh

Gejala-gejala awal gangguan mental skizofrenia ini, di antaranya adalah : sering berhalusinasi, sering berbicara sendiri, tidak percaya diri, merasa cemas, gangguan tidur, kemauan rawat diri yang rendah, hingga penarikan diri dari pergaulan.