Find Us On Social Media :

Polusi Udara Jakarta Mengkhawatirkan, Konsumsi 7 Makanan Sehat Ini Untuk Perlindungan Paru-paru

Polusi udara di Jakarta termasuk yang terburuk di dunia.

GridHEALTH.id - Menurut Koordinator Tim Advokasi Gerakan Ibukota, Nelson Simamora, buruknya kualitas udara Jakarta ini disebabkan oleh parameter pencemar yang telah melebihi Baku Mutu Udara Nasional (BMUN) sebagaimana yang ditetapkan oleh Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 1999.

Baca Juga: Jakarta Jadi Kota Paling Berpolusi Se-Asia Tenggara oleh Greenpeace, Berisiko Sebabkan Penyakit Berbahaya

Melebihi juga standar Baku Mutu Udara Daerah Provinsi DKI Jakarta (BMUA DKI Jakarta) sebagaimana yang ditetapkan dalam Keputusan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 551 Tahun 2001 tentang Penetapan Baku Mutu Udara Ambien dan Baku Tingkat Kebisingan di Provinsi DKI Jakarta.

Nelson memberikan contoh, angka konsentrasi PM 2,5 dari Januari hingga Juni 2019 adalah 37, 82 μg/m3 atau 2 kali lebih tinggi dari standar nasional atau 3 kali lebih tinggi dari standar Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Dengan demikian, Jakarta menduduki peringkat teratas kota paling berpolusi di dunia selama 2 hari.  

Sedangkan berdasarkan situs AirVisual, DKI Jakarta menduduki peringkat pertama sebagai kota yang paling berpolusi di dunia.

Baca Juga: Ketagihan Junk Food? Ini 6 Makanan Sehat Pengganti yang Juga Lezat

Buruknya polusi itu bisa mengakibatkan saluran pernapasan menjadi terganggu, sehingga berakibat pada kesehatan paru-paru.