Find Us On Social Media :

Obat Tradisional Pereda Demam dari Tanaman dan Cara Membuatnya, Tak Kalah Cespleng dari Produk Pabrikan

Obat tradisional dari tanaman obat mudah didapatkan, murah, dan cespleng. Bisa dibuat sendiri.

GridHEALTH.id - Demam adalah sebuah reaksi tubuh yang kerap membuat kita panik.

Kenapa demam disebut reaksi tubuh? Sebab demam bukan penyakit. Demam yang terjadi justru sebuah respon imunitas tubuh saat terjadi infeksi yang menyerang.

Infeksi tersebut bisa disebabkan bakteri, bisa juga virus. Namun, demam yang umumnya terjadi sehari-hari disebabkan oleh virus.

Jadi saat demam, sebaiknya tidak langsung meredakan atau menurunkannya. Tapi biarkan saja, selama tidak membuat hilang kesadaran, tidak memiliki riwayat step, juga masih dikisaran 37-39 derejat celcius.

Cukup penuhi asupan air minum selama demam, dan makan makanan bergizi juga istirahat.

Tapi jika kondisi saat demam lebih serius, lebih parah dari yang disebutkan di atas, demam harus dikendalikan. Misal, hilang kesadaran, tidak bisa tidur, gelisah, tidak mau - bisa minum dan makan, suhu tubuh di atas 39 derejat celcius.

Cara mengandalikan demam selain dengan banyak minum, makan makanan bergizi, dan istirahat, juga mengonsumsi obat.

Obat demam ada obat hasil produksi pabrik farmasi, ada juga obat tradisional.

Obat tradisional ada yang sudah dikemas secara pabrikan, ada juga yang diambil langsung dari tanaman obat dan diolah sendiri.

Nah, obat pereda demam tradisional herbal dari tanaman yang bisa diolah sendiri, alangkah baiknya menjadi langkah pertama untuk kita dan keluarga dalam mengendalikan demam.

Obat-obatan tradisional yang berasal dari tanaman obat ini, menurut dr. Adji Suranto, SpA, dari Perhimpunan Dokter Indonesia Pengembang Kesehatan Tradisional Timur (PDPKT DKI Jaya), saat diwawancara oleh Tabloid Nakita, tak kalah ampuhnya sebagai pengusir demam.

Malah, menurutnya obat-obatan tradisional memiliki kelebihan, yaitu toksitasnya relatif lebih rendah dibanding obat-obatan kimia.