Find Us On Social Media :

Aturan Berolahraga Bagi Penderita Sakit Jantung, Hitung Denyut Nadi

Olahraga bagi penderita sakit jantung yang disarankan salah satunya adalah jalan kaki.

 

GridHEALTH.id - Olahraga secara rutin selalu dianjurkan agar memiliki tubuh yang sehat dan bugar, pun bagi pasien jantung.

Baca Juga: Ini Dia 4 Tanda Jantung Bermasalah, Segera Lakukan Pemeriksaan

Artinya, memiliki riwayat penyakit jantung seharusnya tidak menjadi halangan untuk melakukan olahraga bagi penderita sakit jantung. Namun tentu saja perlu konsultasi dari dokter terlebih dahulu mengenai jenis olahraga yang dilakukan.

Menurut dokter spesialis jantung dan pembuluh darah Hengkie F. Lasanudin dari RS Pusat Pertamina, pasien penderita penyakit jantung disarankan melakukan olahraga jenis aerobik yang ringan.

"Kita menyarankan yang sifatnya aerobik. Aerobik itu yang kita lakukan sambil olahraga masih bernapas (ringan), seperti jalan kaki, sepeda," kata Hengkie dalam konferensi pers #24JamSiaga: Layanan Kegawatdaruratan Jantung RS Pusat Pertamina beberapa waktu lalu.

Hengkie juga menyarankan untuk melakukan olahraga minimal 150 menit seminggu. Jika bisa lebih, akan memiliki efek yang baik bagi kesehatan jantung. Hal terpenting yang harus diperhatikan adalah durasi berolahraga.

"Jadi olahraga yang kita kejar menitnya dulu. Jalan enggak apa-apa asal setengah jam. Jadi, bukan speed dulu tapi time-nya dulu," jelasnya.

Baca Juga: Sering Dianggap Tanaman Liar, Takokak Bantu Meredakan Asam Urat

Sementara, dokter spesialis jantung dan pembuluh darah Ismoyo Sunu mengatakan, olahraga bagi penderita sakit jantung, agar tetap bisa berolahraga tanpa membahayakan kesehatan jantung, yang terpenting adalah selalu memantau denyut jantung.