Find Us On Social Media :

Studi: Penyakit Autoimun Tak Bisa Disembuhkan Tapi Bisa Dikendalikan

Wanita lebih rentan terserang penyakit autoimun dibanding pria. Biasanya penyakit ini dimulai pada masa kehamilan.

GridHEALTH.id - Belum banyak yang tahu bahwa penyakit autoimun adalah kondisi ketika sistem kekebalan tubuh seseorang menyerang tubuh sendiri.

Baca Juga: Autoimun Sjogren's Syndrome Dialami Ibunda Mikha Tambayong Sulit Didiagnosis, Tapi Ada Cara Untuk Mendeteksinya

Normalnya, sistem kekebalan tubuh menjaga tubuh dari serangan organisme asing, seperti bakteri atau virus. Namun, pada seseorang yang menderita penyakit autoimun, sistem kekebalan tubuhnya melihat sel tubuh yang sehat sebagai organisme asing.

Sehingga sistem kekebalan tubuh akan melepaskan protein yang disebut autoantibodi untuk menyerang sel-sel tubuh yang sehat.

Belum diketahui pasti penyebab penyakit autoimun, namun beberapa faktor di bawah ini dapat meningkatkan risiko seseorang untuk menderita penyakit ini seperti dikutip dari Alodokter:

1. Etnis. Beberapa penyakit autoimun umumnya menyerang etnis tertentu. Misalnya, diabetes tipe 1 umumnya menimpa orang Eropa, sedangkan lupus rentan terjadi pada orang Afrika-Amerika dan Amerika Latin.

2. Gender. Wanita lebih rentan terserang penyakit autoimun dibanding pria. Biasanya penyakit ini dimulai pada masa kehamilan.

Baca Juga: Cukup 3 Jenis Buah Unggulan Ini, Jus Pelangsing Turunkan Berat Badan

3. Lingkungan. Paparan lingkungan seperti cahaya matahari, bahan kimia, serta infeksi virus dan bakteri, bisa menyebabkan seseorang terserang penyakit autoimun dan memperparah keadaannya.