Find Us On Social Media :

Musim Kemarau Bisa Sebabkan Penyakit DBD, Ketahui Berbagai Cara Untuk Mencegahnya

Musim kemarau ternyata juga bisa sebabkan penyakit DBD, ketahui berbagai cara untuk mencegahnya.

GridHEALTH.id – Penyakit Demam Berdarah Dengue atau DBD biasanya identik dengan musim hujan, karena pada musim tersebut biasanya menimbulkan banyak genangan air.

Namun ternyata, penyakit DBD ini juga masih bisa muncul saat musim kemarau dan membuktikan bahwa nyamuk semakin berevolusi.

 Baca Juga: Waspada, Waktu Aktivitas Nyamuk Pembawa Virus DBD Berubah, Sekarang Menghisap Darah Malam Hari!

Melansir laman Departermen Kesehatan Republik Indonesia, Menteri Kesehatan Nila Moeloek, mengingatkan masyarakat Indonesia harus mewaspadai DBD yang juga bisa muncul saat musim kemarau, terutama di tempat-tempat genangan air atau bak mandi dan barang bekas, yang merupakan tempat nyamuk berkembang biak.

Tak hanya faktor musim, penyakit DBD ini rupanya juga bisa dipengaruhi oleh faktor genetik.

Penelitian telah membuktikan bahwa orang yang bergolongan darah O, memiliki 2 kali lebih berisiko terkena gigitan nyamuk dibandingkan dengan golongan darah lainnya.

Selain itu, nyamuk betina yang menggigit manusia,biasanya akan mencari mangsanya hanya melalui keringat dan karbondioksida yang dihembuskan oleh manusia ataupun makhluk mamalia lainnya.

Oleh sebab itu, banyaknya karbondioksida yang dikeluarkan saat bernapas juga dapat mempengaruhi tingkat kerentanan tubuh terhadap gigitan nyamuk.

Inilah yang menjadi penyebab mengapa ibu hamil cenderung rentan terkena gigitan nyamuk, karena ibu hamil cenderung mengeluarkan lebih banyak karbondioksida saat bernapas.