Find Us On Social Media :

Jangan Anggap Remeh, 5 Hal Ini Bisa Terjadi Akibat Dehidrasi

Kurang minum dapat menyebabkan terjadinya dehidrasi, itu bisa membahayakan kesehatan lebih lanjut.

GridHEALTH.id - Pernah diberitakan, seorang anak yang sedang mengikuti upacara bendera tampak kejang-kejang di tengah acara.

Baca Juga: Penderita Demam Berdarah Sering Alami Dehidrasi, Bantu Atasi Dengan Minum Air Kelapa Muda

Setelah diperiksa, dokter mengatakan anak itu dinyatakan dehidrasi, kondisi di mana tubuh kekurangan cairan, dan si anak kembali pulih usai minum tiga gelas air.Sejumlah orang menganggap remeh kurangnya cairan tubuh. Padahal, jika terjadi dehidrasi, itu bisa membahayakan kesehatan lebih lanjut.

Apalagi di musim kemarau, terik matahari yang semakin menusuk kulit menjadi pertanda bahwa musim kemarau sudah di depan mata.

Musim yang identik dengan suasana gersang ini turut meningkatkan berbagai risiko penyakit, salah satunya dehidrasi. 

Untuk diketahui, dehidrasi adalah suatu keadaan ketika tubuh kekurangan sejumlah cairan. Kondisi ini memberikan gejala yang bervariasi, di antaranya badan lemas, kesadaran menurun, mata cekung, bibir menjadi kering, tangan dan kaki jadi dingin, jantung berdebar dan jumlah urine sangat sedikit atau tidak keluar sama sekali. Pada kondisi ekstrem, dapat terjadi kejang-kejang.

Baca Juga: Wajib Tahu, Mitos Tentang Demam Berdarah Dengue yang Perlu Diluruskan

Komplikasi dehidrasi dapat terjadi karena dehidrasi itu sendiri atau karena penyakit yang membuat tubuh kehilangan cairan.