Find Us On Social Media :

4 Mitos Penyebab Bisul, Dari Duduk di Atas Bantal Sampai Makan Telur, Cek Faktanya!

Telur bukan penyebab sebagian besar bisul.

GridHEALTH.id - Bisul merupakan gangguan penyakit kulit yang sejatinya sungguh tidak diharapkan.

Baca Juga: Dianggap Jorok dan Menjijikan, Benarkah Upil Dapat Mengobati Bisul dan Jerawat?

Sebab bisul yang muncul pada salah satu bagian tubuh itu, selain bikin malu penampilan, orang yang menderita bisul tersebut merasa tidak nyaman, bahkan dapat merasakan rasa nyeri jika bisul sudah membesar.

Pada dasarnya, bisul bisa pecah dan mengempis dengan sendirinya seiring beberapa waktu. Namun, bisul pun tak lepas dari beberapa mitos yang dipercaya oleh masyarakat. Seperti apa mitosnya? Berikut mitos-mitos seputar bisul yang dikutip dari berbagai sumber;

1. Kebanyakan makan telur bikin bisulan

Masih banyak masyarakat yang mengaitkan bisul yang cenderung bernanah dan penuh dengan makanan berbau amis layaknya telur.

Sebetulnya, mitos ini ternyata tidak benar adanya. Menurut pakar gizi, Profesor Hardinsyah beberapa waktu lalu, telur memang bisa saja menyebabkan bisul tapi itu hanya dialami oleh sedikit orang.

"Memang bisa menyebabkan bisul, cuma untuk mereka yang bereaksi terkena bisul ketika mengonsumsi telur. Tapi itu hanya dialami sangat sedikit orang. Hanya sekitar 0,5% saja," kata Profesor Hardinsyah, Guru Besar Institut Pertanian Bogor seperti dikutip dari Kompas Health.

Baca Juga: Studi : Berenang, Bersepeda, dan Jalan Kaki, 3 Olahraga Terbaik Untuk Penderita Hipertensi

2. Memencet bisul bikin bisul cepat sembuh

Mitos ini ternyata juga salah kaprah dan tidak sesuai dengan medis. Dokter kulit, dr Galih menegaskan bahwa bisul tidak boleh dipencet atau dipecahkan secara paksa karena dapat memperparah infeksi.