Find Us On Social Media :

Ini Dia, 4 Kebiasaan yang Bisa Bikin Panu Sering Muncul di Tubuh

Jarang mandi dapat menyebabkan panu sering muncul di tubuh.

GridHEALTH.id - Panu atau Pityriasis Versicolor atau Tinea Versicolor adalah infeksi jamur yang ditandai dengan bercak-bercak kecil, perubahan warna kulit, dan perubahan kulit menjadi bersisik.

Baca Juga: Sembuhkan Gangguan Panu Dengan 6 Bahan Alami yang Mudah Ditemukan Ini!

Tiap orang normalnya memiliki jamur di kulit. Jika jamur berkembang secara berlebihan, kondisi ini berisiko sebabkan panu di kulit.

Pemicunya adalah cuaca yang lembap dan panas, keringat berlebih, kulit berminyak, dan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Bercak dapat berwarna lebih gelap, lebih terang dari warna kulit normal, atau dapat juga berwarna merah, cokelat, atau merah muda.

Bercak tersebut dapat berkembang bertahap dan dapat bergabung menjadi bercak yang lebih besar seiring berjalannya waktu.

Area yang paling sering terkena panu adalah punggung, dada, lengan atas, leher dan perut. Panu paling sering terjadi pada remaja dan dewasa. Panu terkadang menimbulkan rasa gatal, namun tidak menular dan berbahaya.

Baca Juga: Terkena Penyakit Mematikan, Wanita Ini Tiba-tiba Alami Kelumpuhan dan Sulit Bernapas

Meski bukan dianggap penyakit serius, kehadiran panu bisa menurunkan rasa percaya diri. Panu adalah penyakit kulit yang banyak terjadi di negara beriklim tropis seperti Indonesia.