Find Us On Social Media :

Dua Hingga Tiga Persen Penduduk Indonesia Derita Psoriasis, Betulkah Belum Ada Obatnya?

Banyak penduduk belum sadar tentang penyakit kulit psoriasis yang belum ada obatnya.

 

GridHEALTH.id - Psoriasis merupakan penyakit menahun akibat gangguan kekebalan tubuh atau autoimun, yakni terjadinya penebalan kulit di berbagai tempat di tubuh seperti muka dan kulit kepala dan sel-sel kulit mati diproduksi secara berlebih.

Baca Juga: Mengenal Penyakit Kulit Psoriasis, Tidak Menular Tapi Bikin Penderitanya Galau

Menurut Ketua Kelompok Studi Psoriasis Indonesia (KSPI) dr. Endi Novianto, SpKK, FINSDV, FAADV seperti dikutip dari Tirto.id, psoriasis bukanlah sejenis penyakit yang disebabkan virus melainkan akibat faktor genetik dan gangguan autoimun , sehingga permukaan kulit tampak berwarna kemerahan dan bersisik.

Penyebab penyakit psoriasis sampai sekarang belum diketahui secara persis. Namun diduga terjadi pelepasan substansi-substansi kekebalan tubuh sebagai akibat peningkatan aktivitas sel- sel imun pada kulit yang merangsang produksi dari sisik.

Endi menyebutkan ada beberapa faktor pemicu psoriasis (penyakit auto-imun yang terjadi akibat sistem imun yang menyerang sel sehat dalam tubuh).

“Faktor pemicu tersebut di antaranya adalah stres psikis dan fisik. Ada pula karena obat-obatan seperti obat darah tinggi atau obat anti nyeri piroxicam.

Infeksi tersembunyi juga tidak disadari menjadi penyebab psoriasis. Misalnya, gigi berlubang menjadi tempat berkumpulnya kuman. Keputihan juga dapat memunculkan kekambuhan psoriasis,” Endi menjabarkan.

Baca Juga: Pukul 12 Siang Langit Jambi Menjadi Merah, Inilah Racun Kimia Asap Karhutla yang Sedang Terjadi di Sumatera

Endi selanjutnya mengatakan, masyarakat perlu meningkatkan perhatian terhadap penyakit ini karena sekitar dua hingga tiga persen warga Indonesia diduga menderita penyakit ini.