Find Us On Social Media :

Hepatitis Juga Bisa Muncul di Usia Anak-anak, Ini Gejalanya

Anak juga bisa terkena hepatitis A. Lakukan pencegahan sebelum terkena.

GridHEALTH.id -Hepatitis A merupakan penyakit infekti hati yang menular dan terjadi karena virus. Penyakit ini sendiri bisa menyerang orang dalam segala usia termasuk pada anak-anak.

Baca Juga: Pasien Hepatitis A, Benarkah Tak Harus Dirawat di Rumah Sakit?

Dilansir dari Ikatan Dokter Anak Indonesia, secara global didapatkan sekitar 1,4 juta kasus baru infeksi hepatitis A per tahunnya. Menurut CDC, Hepatitis A justru lebih sering mengenai anak-anak, terutama yang tinggal di area dengan sanitasi rendah.  

Virus Hepatitis A menyebar secara fecal-oral. Seseorang dapat terkena Hepatitis A saat memakan sesuatu yang telah terkontaminasi oleh kotoran orang yang telah terinfeksi virus ini.

Hal ini bisa terjadi dengan berbagai cara. Misalnya saat orang yang telah terinfeksi menyiapkan/memasak makanan untuk orang lain tanpa mencuci tangan terlebih dahulu dengan baik.

Seseorang pun bisa terkena Hepatitis A lewat minuman yang terkontaminasi dengan virus ini. Virus Hepatitis A lebih mudah menyebar di area yang kebersihannya kurang terjaga.  

Secara global didapatkan sekitar 1,4 juta kasus baru infeksi hepatitis A pertahunnya.  Menurut Center for Disease Control and Prevention (CDC), Hepatitis A justru lebih sering mengenai anak-anak, terutama yang tinggal di area dengan sanitasi rendah.

Baca Juga: Berselimut Duka Atas Kepergian Bayi Kembar, Irish Bella Alami Kejang Hingga Jahitan Bekas Operasi Sesar Lepas  

Anak yang berusia lebih kecil seringkali tidak menunjukkan gejala apa-apa. Walaupun begitu, mereka tetap dapat menularkan infeksi virus ini pada orang lain di sekitarnya.