Find Us On Social Media :

Terapi Insulin Mutlak Bagi Penderita Penyakit Autoimun Diabetes Tipe 1, Ini Alasannya

Suntik insulin untuk penderita diabetes.

GridHEALTH.id -  Diabetes tipe 1 adalah jenis penyakit autoimun di mana tubuh tidak lagi memproduksi insulin. Pada penyakit ini, kegagalan tubuh memproduksi insulin terjadi karena sistem kekebalan tubuh telah menghancurkan semua sel yang memproduksi insulin di dalam pankreas.

Baca Juga: Diabetes Tipe 1 Banyak Diderita Sejak Balita, Ini Cara Menghindari Risiko Komplikasi

Penyakit ini lebih sering terjadi pada anak-anak atau  orang-orang berusia muda, meskipun bisa berkembang pada orang dewasa. Diabetes tipe 2 juga mempengaruhi orang-orang dari segala usia, tetapi biasanya berkembang di kemudian hari.

Ibarat nyawa, bagi penderita diabetes tipe 1 insulin bersifat vital bagi tubuh karena berperan utama dalam mengatur metabolisme gula menjadi energi yang dibutuhkan oleh otot dan sel-sel lainnya dalam tubuh.

Apabila jumlah insulin tidak seimbang dengan kadar gula dalam darah, maka tubuh akan mengalami gangguan metabolisme karbohidrat, lemak dan protein.

Karena penderita DM tipe 1 mengalami kekurangan insulin atau bahkan tidak memproduksi insulin sama sekali di dalam tubuh, maka insulin pada umumnya akan dibutuhkan seumur hidup. Maka dari itu, insulin berperan sebagai pengobatan utama untuk penyakit Diabetes Melitus tipe 1. 

Insulin adalah hormon yang dibuat di pankreas, kelenjar yang terletak di belakang perut. Insulin memungkinkan tubuh untuk menggunakan glukosa sebagai energi.

Baca Juga: 3 Tahun Dipenjara Akibat Kasus Pencabulan, Penyanyi Dangdut Ini Jatuh Miskin, Harus Jual Rumah Sampai Rela Makan Nasi Cadong: 'Saya Bersyukur'

Glukosa adalah jenis gula yang ditemukan dalam banyak karbohidrat. Setelah makan atau ngemil, saluran pencernaan memecah dan mengubah karbohidrat menjadi glukosa.